DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dengan Scaffolding untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Polehan 1 Kota Malang.Tesis

lidya trie maharani

Abstrak


ABSTRAK

 

Maharani, Lidya Trie. 2016. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dengan Scaffolding untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Polehan 1 Kota Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd, M.A, (II) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd.

 

Kata Kunci:   Metode penemuan terbimbing, scaffolding, motivasi belajar, hasil belajar

Penelitian ini berlatar belakang adanya motivasi dan hasil belajar matematika tentang luas permukaan dan volume bangun ruang di kelas 5 SDN Polehan 1 masih relatif rendah. Disamping pembelajaran masih didominasi oleh guru, guru sebagai sumber belajar menyampaikan seluruh konsep belajar kepada siswa secara langsung. Siswa sebagai subyek belajar tidak dilibatkan dalam menemukan suatu konsep pembelajaran matematika. Selain itu, siswa masih kurang aktif, kurang bersemangat serta cepat jenuh dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Polehan 1 Kota Malang melalui pembelajaran yang menerapkan metode penemuan terbimbing dengan scaffolding, yang ditandai dengan terjadi peningkatan perhatian, percaya diri dan keaktifan siswa, dan pemahaman terhadap luas permukaan dan volume bangun ruang meningkat.

Metode  penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kolaborasi. Peneliti berkolaborasi dengan Bapak Yuda Hardianto, S.Pd selaku guru kelas 5 SDN Polehan 1, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pembelajaran dan satu kali evaluasi akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Polehan 1 Kota Malang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 26 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi motivasi belajar siswa, catatan lapangan, pedoman wawancara dan lembar soal evaluasi akhir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dengan scaffolding dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kelas 5 SDN Polehan 1 Kota Malang. Peningkatan motivasi dan hasil  belajar siswa ditandai dengan meningkatnya (1) perhatian siswa dalam pembelajaran,(2) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, (3) meningkatnya rasa percaya diri siswa, (4) kepuasan siswa dalam proses pembelajaran dan (5) pemahaman siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil evaluasi akhir. Selain itu, penerapan metode penemuan terbimbing dengan scaffolding di kelas 5 SDN Polehan 1 Kota Malang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang ditandai dengan adanya (1) pembelajaran berpusat pada siswa,(2) interaksi pembelajaran multiarah, serta (3) suasana pembelajaran menyenangkan.

 

ABSTRACT

 

Maharani, Lidya Trie. 2016. The Implementation of Guided Discovery Method   with Scaffolding to Improve Motivation and Learning Outcomes of Mathematic Subject for 5th Graders at SDN Polehan 1 Malang. Thesis. Study Program of Basic Education, Post Graduate, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd, M.A, (II) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd.

 

Keywords: guided discovery method, scaffolding, learning motivation, learning outcome

This research based on observations shown that motivation and  learning outcomes of mathematics subject for 5th Graders in SDN Polehan 1 Malang especially surface area and geometry volume materials still lower. Learning is still dominated by the teacher as becoming learning resource who conveys the whole learning concept to students. Student as a learning subject is not involved in finding specific concept in mathematics. In addition, students are less active, less motivated and easily get bored during the learning process. The objective of this research is to improve motivation and learning outcomes of 5th Graders at SDN Polehan 1 Malang through the application of guided discovery method with scaffolding, characterized by increased attention, confidence and involvement of the student, and the understanding of surface area and volume geometry increased.

This research method is classroom  action research (CAR) with collaboration model. Researchers collaborate with   Yuda Hardianto, B. Ed as the class teacher of 5th Graders in SDN Polehan 1  Malang, starting from planning, action, observation and reflection. Two cycles were conducted for this research. There were two meetings and one final evaluation in each cycle. The subjects were 5th Graders in SDN Polehan 1 Malang academic year 2015/2016 consisting of 26 students. The research instrument is teacher’s activity observation sheet, student’s activity observation sheet, student’s motivation observation sheet, field note interview and final evaluation booklet.

The results showed that the implementation of guided discovery method  with scaffolding may improve motivation and learning outcomes of 5th Graders in SDN Polehan 1 Malang. Development in student’s motivation and learning outcomes characterized by the increasing of (1) students’ attention during learning process, (2) students’ contribution in learning process, (3) students’ confidence,    (4) students’ satisfaction with the learning process (5) students’ understanding indicated by the increase in final evaluation results. In addition, the application of guided discovery method with scaffolding for 5th Graders in SDN Polehan 1    Malang can improve the quality of learning characterized by (1) student-centered learning,(2) multi directional learning interactions, and (3) joyful learning.

For schools that have similar background with the problems occurred in 5th Graders in SDN Polehan 1 Malang, it is advisable to implement guided discovery method with scaffolding in learning process.