DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Rally Coach dan Find Someone Who untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajara IPS

Lina Marlina

Abstrak


ABSTRAK

 

Marlina, Lina. 2016. Penerapan Model Rally Coach Dan Find Someone Who Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Jalantir. (PTK pada Siswa Kelas IV SDN Jalantir) Tesis, Program Studi  Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M,Si. 2) Dr. Syamsul Hadi, M. Ed, M. Pd.

 

Kata Kunci: Rally coach, Find Someone Who, Keterampilan Sosial, Hasil Belajar.

Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti dalam penelitian ini bertindak sebagai partisipan penuh serta dibantu oleh 2 orang teman sejawat sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Jalantir Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 24 siswa terdiri dari 10 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus tiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah proses dan hasil. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah lembar observasi keterlaksanaan sintak oleh guru dan siswa, lembar observasi keterampilan sosial, angket keterampilan sosial, angket respon siswa terhadap pembelajaran model rally coach dan find someone who, lembar evaluasi, lembar wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Penerapan model rally coach dan find someone who dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam serta koperasi dan kesejahteraan rakyat siswa kelas IV oleh guru dan siswa sangat maksimal, hal ini ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan sintak pembelajaran oleh guru dan siswa pada siklus I berada pada kriteria cukup dan pada siklus II pada kriteria sangat baik. b) Penerapan model rally coach dan find someone who dalam pembelajaran IPS kelas IV dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di mana pada siklus I keterampilan sosial siswa berada pada kriteria cukup dan pada siklus II berada pada sangat baik. c) Penerapan model rally coach dan find someone who dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, hal ini terlihat dari sebanyak 22 siswa yang tuntas dari 24 siswa.

Dari penelitian ini disarankan kepada guru, untuk menerapkan pembelajaran model rally coach dan find someone who karena selain dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penggunaan model ini guru disarankan menguasai setiap sintaknya. Selain itu, disarankan guru dapat menerapkan model rally coach dan find someone who dalam mata pelajaran lainnya, b) Kepala Sekolah, disarankan agar mengadakan program bagi guru untuk membahas tentang berbagai macam model pembelajaran, agar dalam prosesnya tidak monoton di satu model. c) bagi siswa, disarankan menerapkan model rally coach dan find someone who secara benar agar dirasakan manfaat dan tujuan dari model pembelajaran tersebut. d) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian khususnya dengan menggunakan model rally coach dan find someone who.