DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ABC (Anticipation, Building Knowledge And Consolidation) PADA MATERI JARAK, WAKTU DAN KECEPATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Siswa Kelas V SD Negeri Kapota Yudha Makassar )

Asmain

Abstrak


ABSTRAK

 

Asmain, 2016. Penerapan model pembelajaran ABC  (Anticipation, Building Knowledge and Consolidation) pada materi jarak, waktu dan kecepatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis  siswa kelas V  SD Negeri  Kapota  Yudha Kota Makassar. Pembimbing (1) Dr. Subanji. M.Si. (2) Dr. Syamsul Hadi, M.Pd, M.Ed

 

Kata Kunci:  Model Pembelajaran ABC, Kemampuan Berpikir Kritis

Model pembelajaran  ABC (Antcipation, Building Knowledge and Consolidation) memiliki peranan penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas, terutama dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperbaiki proses belajar yang masih berpusat pada guru, sistem  evaluasi dan soal yang masih normatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui kegiatan mengidentifikasi masalah, membangun pengetahuan,  memecahkan masalah dan membuat kesimpulan.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kapota Yudha Makassar yang berjumlah 36 orang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan.

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran ABC pada materi jarak, waktu dan kecepatan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Kapota Yudha Makassar.  Hal ini merujuk pada hasil belajar yang diperoleh siswa yang sudah mencapai KKM baik secara klasikal maupun secara individu,  selain itu siswa juga sudah mampu mengidentifikasi, mengajukan pertanyaan, memecahkan masalah  dan membuat kesimpulan mengenai materi.

Hasil keterlaksanaan model pembelajaran ABC  untuk kemampuan berpikir kritis pada Siklus I  sebesar 62% dan Siklus II sebesar  70%.  Sementara untuk hasil uji kemampuan berpikir kritis yang dilakukan di setiap akhir siklus, pada Siklus I sebesar  46% dan  Siklus II sebesar 75%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran  ABC pada materi jarak, waktu dan kecepatan di kelas V SD Negeri Kapota Yudha Makassar  telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.