DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 18 PAREPARE

Sultan

Abstrak


ABSTRAK

 

Sultan. 2016. Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 18 Parepare. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Wayan Dasna, M.Si.,M.Ed.,Ph.D, (II) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc.,Ph.D

 

Kata Kunci: Kooperatif STAD, Powerpoint, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan masalah pada proses pembelajaran IPA siswa kelas  V SD Negeri 18 Parepare. Proses pembelajaran IPA kurang efektif diketahui dari motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran masih rendah dan keaktifan siswa dalam pembelajaran masih kurang. Hal tersebut berimbas pada hasil belajar siswa, diketahui hasil belajar siswa kelas V terdapat 11 siswa mendapatkan nilai ≥75 dengan persentase 52,4% dan hasil belajar secara klasikal sebesar 69,9%. Hasil tersebut menandakan bahwa hasil belajar siswa juga masih rendah sehingga perlu dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran. Tujuan penelitian, untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 21 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 10 perempuan dengan kemampuan akademik yang berbeda atau heterogen. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Pada siklus I, dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan sedangkan pada siklus II, dilakukan 4 kali pertemuan.

Berdasarkan hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint disimpulkan bahwa: 1) keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada siklus I sebesar 81% menjadi 90% pada siklus II, sedangkan keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa mencapai 66% pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 15% pada siklus II yakni diperoleh 81%; 2) motivasi belajar IPA siswa meningkat, hasil observasi diperoleh sebesar 77% pada siklus I dan 85% pada siklus II, perolehan tersebut mengalami peningkatan dan dikategorikan kriteria baik. Hasil angket motivasi pada siklus I sebesar 76% dan pada siklus II sebesar 83%, hasil angket tersebut menandakan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan; 3) selain peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar siswa, hasil belajar IPA siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, terdapat 15 siswa mendapatkan nilai ≥75 dengan persentase 71,4% dan hasil belajar secara klasikal sebesar 76,3%. Pada siklus II, terdapat 19 siswa memperoleh nilai ≥75 dengan persentase 90,5% dan hasil belajar secara klasikal sebesar 87,7%. Perolehan hasil belajar tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint.

Dari hasil penelitian dikemukakan saran, yakni pembelajaran kooperatif STAD berbantuan media powerpoint dapat dijadikan strategi alternatif oleh guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa.