DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Kartu Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IVA di SDN Cicadas Kota Sukabumi

Ujang Yudi Karta Sasmita

Abstrak


ABSTRAK

 

Sasmita, Ujang Yudi Karta. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Kartu Gambar  untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IVA di SDN Cicadas Kota Sukabumi. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E., M.Pd, (II) Prof. Dr. Ruminiati, M. Si.

 

Kata Kunci: model TSTS, aktivitas belajar, hasil belajar

Hasil observasi yang dilaksanakan pada pembelajaran IPS di kelas IVA, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, siswa hanya mendengarkan ceramah, pembelajaran masih berpusat pada guru, pembelajaran belum menggunakan model yang mendorong siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Selama kegiatan pembelajaran siswa cenderung pasif karena jenuh dengan suasana pembelajaran, materi pembelajaran IPS lebih banyak dengan hafalan, tidak terjadi aktivitas belajar siswa yang aktif dan menyenangkan, siswa cenderung hanya menerima materi dari guru saja. Hasil belajar pada ulangan harian IPS materi sumber daya alam semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran IPS Kelas IVA masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Dari 37 siswa hanya 18 orang yang mencapai KKM 48,64%, sedangkan sisanya yaitu sebanyak 19 siswa belum mencapai KKM 51,36%.

Berdasarkan uraian di atas, masalah utama yang perlu mendapat perhatian adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan kartu gambar agar terjadi suasana belajar siswa yang aktif dan menyenangkan, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah  siswa Kelas IVA SDN Cicadas Kota Sukabumi yang berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, dokumentasi, tes, wawancara dan angket respon siswa. Tahapan alur pada penelitian ini meliputi; perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi.

Data hasil penelitian menunjukkan; 1) keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada Siklus I memperoleh rata-rata 72,79%, meningkat pada Siklus II yang mencapai rata-rata 87,50%, 2) aktivitas belajar siswa pada Siklus I memperoleh rata-rata 71,17, meningkat pada Siklus II mencapai 86,04, 3) ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa pada Siklus I memperoleh 70,27%, meningkat pada Siklus II yang mencapai 86,48% sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar afektif siswa pada siklus I memperoleh 62,16%, meningkat pada Siklus II yang mencapai 89,19% ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotor siswa pada Siklus I memperoleh 70,27% meningkat pada Siklus II yang mencapai 89,59%,  4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan kartu gambar data perolehan persentase pada Siklus I 82,97% siswa menjawab sangat setuju, sedangkan pada Siklus II  menunjukkan bahwa 85,94% siswa menjawab sangat setuju.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan kartu gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Mendorong terciptanya suasana pembelajaran yang menantang dan menyenangkan, siswa dalam memahami materi pembelajaran semakin baik, serta siswa dalam belajar menjadi bersemangat sehingga hasil belajar meningkat. Interaksi selama proses pembelajaran antara siswa dengan siswa, antara siswa dengan guru, maupun interaksi antara siswa dengan sumber belajar dapat terjalin dengan baik sehingga pembelajaran lebih bermakna.