DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PRWR dan Tingkat Kecakapan Berbahasa Inggris terhadap Pemahaman Membaca Teks Akademik lintas Efikasi Diri. Tesis.JurusanPendidikanBahasaInggris,

Azhar Aziz Lubis

Abstrak


ABSTRAK

 

Lubis, Azhar Aziz. 2016. PRWR dan Tingkat Kecakapan Berbahasa Inggris terhadap Pemahaman Membaca Teks Akademik lintas Efikasi Diri. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo, M.A., (II) Dr. Enny Irawati, M.Pd.

 

Keywords: strategi membaca PRWR, kecakapan berbahasa Inggris, efikasi diri, keterampilan memahami teks mikro, pemahaman membaca

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi membaca PRWR terhadap penguasaan keterampilan memahami teks akademik berbahasa Inggris. Pengaruh strategi tersebut juga diteliti berdasarkan mahasiswa dengan profisiensi Bahasa Inggris tinggi, dan berdasarkan mahasiswa dengan profisiensi Bahasa Inggris tinggi dan efikasi diri yang tinggi. Interaksi antar strategi PRWR, profisiensi Bahasa Inggris dan efikasi diri dalam memahami teks juga diungkap.

Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial quasi-eksperimental 23. Populasi penelitian ini adalah 177 mahasiswa jurusan non-Bahasa Inggris di sebuah universitas negeri di Malang. Berdasarkan tes homogenitas, dua kelas (n=58) homogen (.773) dan dilibatkan sebagai subjek penelitian. Data diperoleh dari tes keterampilan memahami teks akademik berbahasa Inggris, tes TOEFL PBT ekuivalen, kuesioner efikasi diri, dan kuesioner persepsi terhadap strategi membaca PRWR. Keterampilan memahami teks akademik berbahasa Inggris diuji berdasarkan model pemahaman keterampilan membaca mikro yang meliputi aspek penguasaan kata dan teks. Tes TOEFL PBT ekuivalen diujikan dengan bantuan sebuah instansi bahasa Inggris. Seluruh instrumen penelitian –tes keterampilan memahami teks akademik berbahasa Inggris, kuesioner efikasi diri, dan kuesioner persepsi terhadap strategi membaca PRWR – telah di validasi ahli dan diujicobakan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh yang signifikan (.045) antara mahasiswa yang diajarkan dengan strategi membaca PRWR dan strategi menerjemahkan dan membaca keras (TRA). Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan (.001) antara mahasiswa dengan profisiensi Bahasa Inggris tinggi yang diajarkan dengan strategi membaca PRWR dan strategi TRA. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan (.002) antara mahasiswa dengan profisiensi Bahasa Inggris tinggi dan efikasi diri tinggi yang diajarkan dengan strategi membaca PRWR dan strategi TRA. Keempat, tidak terdapat interaksi antara strategi membaca dan profisiensi Bahasa Inggris, dan kelima, tidak terdapat interaksi antara strategi membaca dan efikasi diri dalam keterampilan memahami teks akademik berbahasa Inggris. Angket persepsi mahasiswa terhadap strategi membaca PRWR juga membuktikan bahwa strategi tersebut bermanfaat dalam membantu meningkatkan keterampilan pemahaman teks akademik berbahasa Inggris.