DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media PowerPoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berhitung Pecahan di Kelas 5.2 SDN Andir Kidul Kota Bandung.

Isa Suhada

Abstrak


ABSTRAK

 

Suhada, Isa. 2016. Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media PowerPoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berhitung Pecahan di Kelas 5.2 SDN Andir Kidul Kota Bandung. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ruminiati, M.Si., (2) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran SAVI, powerpoint, pemahaman konsep, kemampuan berhitung

Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan utama belajar matematika. Untuk itu, guru harus merancang pembelajaran agar siswa dapat belajar aktif dan  kreatif. Salah satu upaya yang harus dilakukan guru ialah menentukan model pembelajaran. Model pembelajaran yang ditetapkan guru dapat membuat siswa belajar proses, tidak hanya belajar produk atau hasil. Hasil observasi lapangan ditemukan bahwa (1) masih banyak siswa yang tidak memahami konsep pecahan, seperti ketika ada soal  +  siswa menjawab  , (2) masih ditemukan siswa yang tidak menuntaskan mengerjakan LKK yang diberikan guru, (3) proses pembelajaran masih satu arah, guru saat mendominasi sedangkan siswa cenderung pasif, (4) siswa tidak diberikan kesempatan untuk mengoptimalkan penggunaan inderanya, dan (5) hasil evaluasi pembelajaran dua tahun berturut-turut nilainya rendah. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan media PowerPoint untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berhitung pecahan di kelas 5.2 SDN Andir Kidul Kota Bandung.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus kegiatan, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas 5.2 SDN Andir Kidul Kota Bandung berjumlah 45 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Dalam mengumpulkan data diperoleh melalui pengerjaan LKK, hasil latihan soal, hasil observasi dari aktivitas guru dan siswa, hasil catatan lapangan, hasil angket, hasil tes akhir siklus dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa serta penilaian tes akhir siklus dan angket untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan berhitung siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas guru dalam pembelajaran dari siklus I sebesar 76% dan siklus II sebesar 92,5%. Peningkatan aktivitas siswa juga mengalami kenaikan dari siklus I sebesar 71,04% dan siklus II 85,45%. Dan hasil tes akhir siklus I menunjukkan sebanyak 24 siswa yang mendapatkan nilai > 70 atau 53,3% yang tuntas KKM, hasil tes akhir siklus II menunjukkan terdapat 39 siswa yang mendapat nilai > 70 atau 86,6% yang tuntas KKM. Kesimpulan hasil penelitian adalah siswa kelas 5.2 SDN Andir Kidul kota Bandung mengalami peningkatan pemahaman konsep pecahan dengan penerapan model pembelajaran SAVI.