DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Nested setting Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 250 Pinrang

Fachrul

Abstrak


ABSTRAK

 

Fachrul. 2016. Penerapan Pembelajaran Nested setting Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 250 Pinrang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Wayan Dasna, M.Si.,M.Ed.,Ph.D, (II) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Nested setting NHT, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 250 Pinrang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan berdasarkan hasil temuan observasi pada tanggal 22—28 September 2015. Dalam kegiatan observasi ditemukan bahwa pembelajaran belum optimal dengan indikasi siswa belum aktif, dan sebagian besar siswa belum mencapai KKM (skor ≥ 70) dengan perolehan rerata 65,8. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran Nested setting NHT.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan pada bulan Pebruari tahun pelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 250 Pinrang, berjumlah 16 siswa yang meliputi 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus satu dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan, 3 kali pertemuan tatap muka dan 1 kali tes akhir siklus, begitu pula tindakan siklus dua yang dilaksanakan dengan 3 kali tatap muka dan 1 kali tes akhir siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi: RPP, LKK, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes akhir siklus dan angket respons pembelajaran. Instrumen tersebut telah divalidasi oleh validator sebelum digunakan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan tujuan menetukan ketercapaian/ketuntasan tiap siklus.

Berdasarkan hasil penelitian penerapan pembelajaran Nested setting NHT untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SDN 250 Pinrang, yang dilaksanakan dengan dua siklus, disimpulkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran Nested setting NHT pada siklus satu ditinjau dari aktivitas guru sebesar 83,5% dan aktivitas siswa  adalah 40,3%, sedangkan pada siklus dua menjadi  96% untuk aktivitas guru dan 86,8% untuk aktivitas siswa, dan (2) hasil belajar siswa juga meningkat dengan persentase perolehan siklus satu sebesar 68,8% menjadi 78,8% pada siklus dua; dan. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan pembelajaran Nested setting NHT telah sesuai harapan/kriteria ketuntasan (KKM) yang ditetapkan. Dengan demikian, pembelajaran Nested setting NHT menjadikan siswa terampil mengembangkan keterampilan belajar, sehingga hasil belajar siswa meningkat.