DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Indikasi Interferensi Berpikir Siswa SMP pada Materi KPK dan FPB

Gendis Murpratiwi

Abstrak


Abstract: Students were often have a difficulty when they solving a word problems about LCM and GCD. Student difficulties in terms of determining the solving procedure by the LCM or GCD when the types of the LCM and GCD problems are presented simultaneously. The purpose of this research is to describe the interference indication of students' thinking on the matter of LCM and GCD. This study used a qualitative approach and the type of research was phenomenology. Subjects in this study were 5 students from 16 student of SMP Negeri 6 Pasuruan to indication interferensi. The results showed that the indication of interference occur in the ineffective retrieval cues. In the determination of the solution, students use the cue word "simultan". To determine the solving the problem, student used other cue, interference also occurs in the determination of the LCM / GCD.

Keyword: GCD, Interference Indication, Junior High School Students’, LCM.

 

Abstrak: Siswa sering mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal cerita tentang KPK dan FPB. Kesulitan siswa tersebut ditunjukkan dalam hal menentukan cara penyelesaian soal jenis KPK dan FPB yang disajikan bersamaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan indikasi terjadinya interferensi berpikir siswa pada materi KPK dan FPB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini yaitu 5 siswa dari 16 siswa SMP Negeri 6 Pasuruan yang mengalami interferensi. Pemilihan subjek didapat berdasarkan letak interferensi dan kemampuan komunikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikasi interferensi terjadi pada pengambilan isyarat yang tidak efektif. Untuk penentuan penyelesaian masalah, siswa terinterferensi dengan istilah/isyarat kata “bersamaan” pada soal. Untuk penentuan nilai KPK/FPB siswa terinterferensi dengan istilah faktor terbesar dan terkecil.

Kata kunci: FPB, Indikasi Interferensi, KPK, Siswa SMP