DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Suplemen Buku Ajar Tematik Berbasis Konstruktivis di Kelas 1 Sekolah Dasar

cholida Fauzia

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauzia, Cholida. 2016. Pengembangan Suplemen Buku Ajar Tematik Berbasis Konstruktivis Kelas 1 Sekolah Dasar.Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari, (II) Dr. Sulton, M.Pd.

Kata kunci:Suplemen, Konstruktivis, Tematik, Model Pengembangan Dick & Carey

Pengembangan strategi pembelajaran, metode, bahan ajar, serta pemanfaatan lingkungan sekitar merupakan cara seorang guru untuk berkreasi dan berinovasi terhadap pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung di kelasnya. Bentuk penyesuaian seorang guru terhadap kurikulum baru, memiliki bermacam-macam kendala, beberapa bentuk kendala penyesuaian kurikulum yaitu penilaian menyeluruh yang harus dipenuhi oleh seorang guru, pengembangan strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi kekurangan alokasi waktu, hingga kendala yang berupa konsep material yang terdapat di buku siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suplemen buku ajar tematik berbasis konstruktivisyang memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey untuk menghasilkan sebuah suplemen buku ajar.Pemilihan model pengembangan Dick & Carey ini disebabkan, dalam model ini telah mencakup langkah-langkah pengembangan suplemen secara kompleks, yaitu meliputi pengidentifikasian tujuan pembelajaran, hingga pada tahap akhir menyusun tes sumatif dan setiap tahapannya selalu diiringi dengan adanya revisi. Instrumen yang digunakan untuk mendukung model pengembangan ini adalah: Lembar Validasi Ahli, Lembar Pengamatan Aktivitas Guru dan Siswa, Tes Hasil Belajar, serta Angket Respon Guru dan Siswa.

Hasil penelitian dan pengembangan dari instrument yang peneliti siapkan, yaitu tahap validasi ahli, yang terdiri dari validasi ahli materi dan validasi ahli desain, dari validator ahli materi suplemen memiliki prosentase 70%, dan validator ahli desain suplemen memiliki prosentase 78%, keduanya memiliki rata-rata interval kelas rata-rata 74,00 yang berada di kelas Cukup Valid, dan keefektifan pada nilai rata-rata kelas 81,00 yaitu pada kelas sangat efektif, serta tingkat kepraktisan yang berada dalam nilai rata-rata 76,25 yaitu Cukup praktis, dapat digunakan, namun dengan perbaikan kecil.Dari hasil data yang diperoleh tersebut, peneliti dapat melakukan revisi dan terus mengembangkan suplemen-suplemen lain dalam penelitian berikutnya, untuk memberikan yang terbaik bagi pembelajaran bermakna yang dialami oleh siswa.

Dari hasil data pengembangan suplemen yang telah peneliti terapkan pada uji kelompok kecil dan uji lapangan. Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa aplikasi pengembangan suplemen buku ajar tematik berbasis konstruktivis dapat menjawab kebutuhan belajar siswa, khususnya dengan konseptual materi yang diambil dari kedekatan siswa dengan lingkungan, sehingga kemudahan memiliki konsep baru yang dikonstruk dari konsep lama dapat dimiliki siswa dalam pendekatan pembelajaran bermakna bagi siswa.

Peneliti menyarankan dalam penelitian pengembangan selanjutnya, diharapkan suplemen yang dikembangkan dapat memiliki konstribusi nyata dalam penilaian autentik yang dilakukan guru pada siswa sebagai salah satu pertimbangan dalam penentuan keputusan dalam raport.