DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar ( study multi situs di SD Negeri 6 Mataram dan SD Negeri 41 Mataram)

Satria Irwandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Irwandi, Satria. 2016. Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar ( study multi situs di SD Negeri 6 Mataram dan SD Negeri 41 Mataram). Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin, M,Pd, (II) Dr. H. Sultoni, M.Pd

 

Kata Kunci: peran sekolah, perilaku hidup sehat, sekolah dasar

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menemukan kerangka teori substantif tentang peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa Sekolah Dasar Negeri 6 Mataram dan Sekolah Dasar Negeri 41 Mataram.Berdasarkan konteks penelitian dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Program sekolah yang mengandung muatan yang menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa, (2) Peran personil sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat siswa yang mencakup: (a) peran kepala sekolah, (b) peran guru, (c) peran tenaga kependidikan, (3) Sarana prasarana sebagai penunjang untuk menumbuh-kembangkan perilaku hidup sehat pada siswa di sekolah. (4)Strategiyang dipergunakan dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa disekolah. (5) Upaya sekolah memberikan reward dan punishment kepada siswa dalam menerapkan perilaku hidup sehat di sekolah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Rancangan ini dipilih karena subyek pada situs penelitian memiliki karakteristik yang sama. Penelitian ini menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data, yaitu: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; dan (3) studi dokumentasi. Data dianalisis melalui dua tahap yaitu analisissitus tunggal dan analisis lintas situs.Analisis situs tunggal dilakukan secara interaktif melalui pengolahan data, reduksi data, pemaparan data dan perumusan kesimpulan, analisis lintas situs dilakukan melalui tehnik induksi analitik.Untuk menjaga keabsahan data dalam penelitian digunakan tiga kriteria yaitu;(1) derajat kepercayaan, (2)keteralihan, dan (3) kepastian.

Temuan Penelitian adalah sebagai berikut: (1)Program sekolah sebagai usaha sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa dilakukan dengan mengadakan berbagai program yang mendukung usaha sekolah dalam menumbuhkembagkan perilaku hidup sehat tersebut berupa program operasi semut, program sabtu bersih, upacara bendera, senam pagi, doa bersama, aubade dan program UKS. Program-program tersebut dilaksanakan sekolah secara terus-menerus dan sistematis agar tujuan yang diharapkan berupa perubahan perilaku pada siswa dapat tercapai; (2) peran personil sekolah yang meliputi peran kepala sekolah sebagai educator(pendidik), kepala sekolah bereperan sebagai inovator,  kepala sekolah berperan sebagai motivator(pemberi motivasi) dan peran kepala sekolah sebagai climator(pencipta suasana kondusif), peran guru sebagai pengajar, pembimbing siswa pada kegiatan yang mendorong siswa dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa, sebagai motivator dengan memberikan penghargaan terhadap prestasi dan perilaku siswa dan sebagai evaluator dari perilaku hidup sehat siswa serta mengevaluasi tumbuh kembang anak melalui kegiatan penimbangan berat badan siswa dan peran tenaga kependidikan yaitu memberikan pelayanan yang maksimal berupa pelayanan administrasi dan pelayanan teknis yang mendukung program sekolah tentang perilaku hidup sehat; (3) sarana dan prasarana yang dipakai dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat siswa terbagi menjadi sarana yang habis pakai dan digunakan di dalam ruangan serta sarana yang tidak habis terpakai yang digunakan di dalam ruangan dan diluar ruangan sedangkan prasarana terbagai menjadi prasarana yang langsung digunakan dalam upaya menumbuhkembangkan perilaku sehat pada siswa dan prasarana yang tidak langsung digunakan dalam upaya menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa; (4)strategi yang digunakan sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku sehat pada siswa adalah melalui pembelajaran di kelas dengan mengintegrasikan pengetahuan tentang perilaku hidup sehat didalam pelajaran terutama yang menyangkut tema pendidikan di kurikulum 2013 dan pembelajaran tentang lingkungan hidup (PLH) sebagai muatan lokal; (5) penghargaan (reward) kepada siswa seperti pujian dan perhatian kepada siswa yang berperilaku hidup sehat disekolah  sedangkan sanksi (punishment) diberikan berupa peringatan secara lisan dan memberikan sanksi yang bersifat mendidik dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkunga dan memberikan efek jera kepada siswa agar tidak mengulangi perbuatan tersebut

Dari hasil penelitian tersebut diberikan saran-saran sebagai berikut: (1) bagi kepala sekolah khususnya SD Negeri 6Mataram  dan SD Negeri 41 Mataram adalah mengoptimalkan program yang dijalankan dengan bekerjasama dengan instansi kesehatan dan instansi lain yang terkait dan menjadi model bagi sekolah lain dalam program penumbuhkembangan perilaku hidup sehat. (2)Bagi Guru lebih meningkatkan peran sebagai educator dan pembimbing siswa dalam perilaku hidup sehat karena siswa butuh figur sebagai contoh.(3) Bagi orang tua agar selalu memberikan dukungan dalam kegiatan sekolah terutama yang berkaiatan dengan program kesehatan di sekolah sehingga tujuan kegiatan tentang perilaku hidup sehat ini dapat berdampak di rumah dan lingkungan tempat tinggal siswa. (4) Bagi Pemerintah disarankan agar program-program sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat di sekolah didukung pengadaan sarana dan prasarana serta pelatihan bagi personil sekolah.(5) Bagi kalangan Akademis khususnya para peneliti selanjutnya, pada penelitian membahas tentang program dan peran personil sekolah sehingga disarankan untuk meneliti lebih lanjut tentang peran orang tua dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat di rumah dan penelitian tentang perilaku hidup sehat siswa.