DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

elaksanaan Pendidikan Karakter Kerja Sama dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013

Silvy Dwi Yulianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Yulianti, S.D. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Kerja Sama dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Tesis, Malang. Program Studi Pascasarjana Fakultas Pendidikan Dasar, 2016, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ery Try Djatmika R.W.W., M.A., M.Si. (II) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter Kerja Sama, Pembelajaran, Kurikulum 2013

Penelitian ini dilakukan atas dasar fenomena rendahnya perilaku sosial yang terjadi pada masyarakat Indonesia, khususnya pada kalangan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD). Hal tersebut mengindikasikan bahwa pembelajaran yang terlaksana belum mengintegrasikan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan  secara holistik. Studi pendahuluan yang dilaksanakan di empat SD Kota Malang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di lapangan dengan menggunakan teknik observasi. Observasi dilakukan dengan menggunakan indikator karakter kerja sama yang telah diadopsi dari indikator karakter pada Kurikulum 2013. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa karakter kerja sama siswa bervariasi, beberapa siswa terlihat memiliki karakter kerja sama tinggi, selebihnya memiliki karakter kerja sama rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang pada Kurikulum 2013 dilihat dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis naratif. Pengambilan data penelitian mulai dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2016 dan berakhir pada tanggal 30 April 2016 di SD BSS Kota Malang. Data penelitian yang didapatkan berupa data karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa tingkat SD. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Miles and Huberman yang langkah analisisnya terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah didapatkan, pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran dilakukan di kelas V-B SD BSS Kota Malang. Pelaksanaannya menggunakan Kurikulum 2013 yang dapat dipantau pelaksanaannya melalui perencanaan pembelajaran yang dirumuskan oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan perencanaan yang dapat melatih karakter kerja sama siswa dalam pembelajaran serta memuat pendekatan saintifik sebagai landasan aktivitas siswa yang meliputi  mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Evaluasi yang dilaksanakan guru juga dapat melatih karakter kerja sama siswa serta kejujuran siswa melalui penilaian diri sendiri dan penilaian teman sejawat. Selain itu guru juga melakukan penilaian melalui teknik observasi, selanjutnya hasil dari ketiga penilaian tersebut dikomparasikan untuk mendapatkan nilai akhir karakter kerja sama siswa dalam pembelajaran.

Hasil penelitian ini disarankan untuk dapat menjadi rujukan bagi guru agar dapat mewujudkan pelaksanaan pembelajaran tematik Kurikulum 2013 yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini juga dapat  digunakan oleh peneliti selanjutnya sebagai acuan mengembangkan penelitian selanjutnya yang sejenis berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada Kurikulum 2013, khususnya pendidikan karakter yang menjadi fokus pengembangan pada Kurikulum 2013. Selain itu penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada pembaca mengenai pelaksanaan pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa sekolah dasar pada Kurikulum 2013 di Kota Malang. Penelitian yang telah dihasilkan dapat menjadi referensi bagi para orang tua maupun praktisi pendidikan untuk dapat memberikan porsi cukup pada kompetensi sikap, khususnya kerja sama dalam pembelajaran guna terciptanya generasi yang berkarakter unggul.