DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MANAJEMEN PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI GURU

Galih Purnama

Abstrak


Abstract: This study aims to improve teachers' skills in making and using media technology-based learning in primary schools. The method used is action research school by the steps of: (1) an initial survey, (2) planning, (3) action, (4) observation, and (5) reflection. Data collection techniques by testing, observation, interviews and documentation. Data were analyzed by descriptive analysis techniques by comparing the skills of teachers to create and use instructional media before being given the action by teachers' skills to create and use instructional media after a given action by calculating the average value and the percentage of each action. The results showed the skills of primary school teachers in the making and use of technology-based learning media after the training given prasiklus increased from 0%, in the first cycle of 32.22%, and 48.88% in the second cycle. There was an increase in teachers 'skills in making and using technology-based learning media from the first cycle to the second cycle of 16.66% and an increase in teachers' skills in making and using of technology-based learning media prasiklus until the second cycle of 48.88%.Keywords: Media Learning, Training, Information and communication technology

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi di SD. Metode yang digunakan adalah  penelitian tindakan sekolah dengan tahap-tahap: (1) survey awal, (2) perencanaan, (3)  pelaksanaan tindakan, (4) observasi, dan (5) refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik análisis deskriptif yaitu dengan membandingkan keterampilan guru membuat dan menggunakan media pembelajaran sebelum diberikan tindakan dengan keterampilan guru membuat dan menggunakan media pembelajaran setelah diberi tindakan dengan menghitung nilai rata-rata dan persentase setiap tindakan. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru SD dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi setelah diberi pelatihan mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 0%, pada siklus I sebesar 32,22%, dan pada siklus II 48,88%. Ada peningkatan keterampilan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dari siklus I sampai siklus II sebesar 16,66% dan peningkatan keterampilan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dari prasiklus sampai siklus II sebesar 48,88%.

Kata kunci : Media pembelajaran, Pelatihan, Teknologi informasi dan komunikasi