DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN PSIKOEDUKASI MENGGUNAKAN TEKNIK LEAD DAN LEAD PLUS IMPACT UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY INTELLIGENCE SISWA SMK

Lilla Maturizka Ayu Asfarina

Abstrak


ABSTRAK

 

Pada zaman yang semakin berkembang, kesulitan yang datang pun juga semakin meningkat. Agar seseorang mampu melanjutkan kehidupannya, maka ia perlu memiliki ketangguhan dalam menghadapi kesulitan tersebut. Ketangguhan itulah yang dimaksud dengan Adversity Intelligence (AI) yang akan menentukan respon seseorang dalam menghadapi kesulitan. Apakah menghindar, bertahan semampunya, atau terus berjuang hingga kesulitan dapat dilaluinya dan menang. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk dapat meningkatkan AI dalah teknik Lead sebagai rangkaian self help bagi seseorang untuk dapat mewujudkan respon positif dalam menghadapi kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan teknik lead dengan lead plus impact dalam meningkatkan Adveristy Intelligence (AI ) siswa SMK. Ketangguhan dalam diri siswa SMK perlu ditingkatkan agar mereka siap mengahadapi praktik kerja industri (prakerin) sebagai lingkungan baru yang akan mereka singgahi. Teknik lead dan lead plus impact diberikan kepada siswa dalam bentuk kegiatan psikoedukasi dengan setting kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang bertujuan untuk membandingkan teknik lead dan lead plus impact dalam mempengaruhi peningkatan AI siswa SMK. Jenis eksperimen tersebut adalah eksperimen quasi, dengan menggunakan desain faktorial 3x2. Desain ini memungkinkan peneliti untuk melihat ada tidaknya pengaruh variabel bebas dan interaksi di antara variabel tersebut terhadap variabel terikat. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa SMK kelas XI yang akan menjalani prakerin. Instrument pengukuran AI yang digunakan adalah instrument adversity response profile yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil penelitian menggunakan analisis two way anova, menunjukkan skor F=17,2 dan p=0,00. Hal tersebut bermakna bahwa terdapat perbedaan peningkatan AI oleh intervensi lead dan lead plus impact. Hal ini dipengaruhi oleh adanya perlakuan impact sebagai teknik kreatif yang membuat proses despute dalam intervensi menjadi lebih mudah dipahami. Hasil penelitian berikutnya adalah bahwa tidak ada perbedaan peningkatan skor AI dalam tiga level AI yang berbeda. Artinya, level AI yang dimiliki siswa sebelum intervensi tidak berpengaruh terhadap peningkatan skor AI mereka setelah intervensi. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan AI siswa benar-benar dipengaruhi oleh adanya intervensi teknik lead dan lead plus impact. Oleh karena itu, disarankan bagi konselor untuk dapat menggunakan teknik lead dengan penuh kreatifitas sebagai metode efektif untuk  meningkatkan AI siswa.