DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Keanekaragaman Makrobentos Sebagai Bioindikator Kualitas Air Sungai Bedadung dan Pengembangan Modul Ekologi Hewan Universitas Islam Jember

Umi Nurjanah

Abstrak


ABSTRAK

 

Umi Nurjanah. 2016. Studi Keanekaragaman Makrobentos Sebagai Bioindikator Kualitas Air Sungai Bedadung dan Pengembangan Modul Ekologi Hewan Universitas Islam Jember. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ibrohim, M.Si. (2) Dr. Dahlia, M.S.

 

Kata kunci : Keanekaragaman makrobentos, kualitas air Sungai Bedadung, modul ekologi hewan

Sungai Bedadung merupakan salah satu sungai terbesar di Jember yang dimanfaatkan masyarakat sekitar. Akibatnya diperkirakan menurunkan kualitas air sungai, maka perlu  adanya monitoring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) komposisi makrobentos; 2) kualitas air berdasarkan bioindikator makrobentos; 3) faktor fisika dan kimia air; 4) hubungan keanekaragaman makrobentos dengan faktor fisika dan kimia air Sungai Bedadung; dan 5) pengembangan hasil penelitian sebagai bahan ajar modul matakuliah Ekologi Hewan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai Oktober 2015.  Sampling dilakukan pada 5 stasiun sepanjang Sungai Bedadung yang dimulai dari hulu sampai ke hilir. Pengambilan sampel pada 4 titik tiap stasiun dengan menggunakan D-Frame Net dan metode kicking. Pengembangan modul Ekologi Hewan dilaksanakan pada matakuliah Ekologi Hewan, Jurusan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Jember berdasarkan model pengembangan 4-D. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa komposisi makrobentos di Sungai Bedadung terdiri dari 3 filum yaitu Arthropoda, Mollusca dan Annelida. Filum Artropoda diwakili oleh kelas Insecta dan Crustacea, kelas Mollusca oleh Gastropoda dan Bivalvia serta Annelida oleh kelas Clitellata. Kualitas air Sungai Bedadung berdasarkan keanekaragaman makrobentos tidak tercemar tercemar sampai tercemar berat, berdasarkan nilai EPT kualitas air adalah bersih sampai tercemar sedangkan berdasarkan nilai FBI berkualitas sangat baik sampai cukup jelek. Faktor fisika-kimia air Sungai Bedadung yang meliputi pH, suhu, DO, BOD, COD, nitrat dan fosfat menunjukkan kualitas sungai kelas 3 kecuali nilai COD  stasiun V yang menunjukkan kualitas air sungai kelas 4. Faktor fisika-kimia air berpengaruh signifikan terhadap keanekaragaman makrobentos. . pH, kekeruhan, DO, fosfat dan nitrat mempunyai hubungan yang positiif terhadap keanekaragaman makrobentos, sedangkan suhu, kedalaman, BOD, COD dan kecepatan arus mempunyai hubungan negatif terhadap keanekaragaman makrobentos. Modul Komunitas Makrobentos sebagai Bioindikator Pencemaran Sungai Bedadung layak digunakan untuk bahan belajar mandiri mata kuliah Ekologi Hewan, Universitas Islam Jember.