DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Teori Dienes Melalui Permainan Tradisional Bandaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas 2 SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar

Sapta Eriyatmoko

Abstrak


ABSTRAK

 

Eriyatmoko, Sapta. 2016. Penerapan Teori Dienes Melalui Permainan Tradisional Bandaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas 2 SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd, (2) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd, M.A.

 

Kata kunci: kemampuan berhitung, perkalian, penerapan teori dienes melalui permainan tradisional bandaran

Hasil studi pendahuluan menunjukan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru kelas 2 pada materi perkalian kurang berhasil, karena dari 27 siswa hanya 37,04 %  atau 10 anak yang bisa mencapai batas KKM yaitu nilai 70. Guru masih menggunakan metode dan teknik pembelajaran yang kurang variatif, menyenangkan dan menarik perhatian siswa. Berdasarkan uraian tersebut tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan teori Dienes melalui permainan tradisional bandaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa kelas 2.

Untuk menjawab masalah yang ada, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang sifatnya kolaboratif atau bekerja sama dengan pihak lain. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar yang terdiri dari 27 siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari ketuntasan klasikal hasil belajar dan juga keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan teori Dienes melalui permainan tradisional bandaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan teori Dienes melalui permainan tradisional bandaran yang dilaksanakan dalam mata pelajaran Matematika kelas 2 di SDN Tanjungsari 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dapat disarankan bahwa untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan hasil belajar siswa pada materi perkalian dapat dijadikan pertimbangan guru dalam mengajarkan mata pelajaran matematika terutama materi perkalian. Penerapan teori Dienes melalui permainan tradisional bandaran hendaknya dapat digunakan juga oleh peneliti lain untuk melaksanakan atau mengembangkan penelitian serupa pada subjek penelitian yang berbeda .