DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Turnamen (TGT) dan Fan N Pick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. (studi di kelas VIII SMP Negeri 25 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi)

FRIANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Frianto. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Turnamen (TGT) dan  Fan N Pick untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. (studi di kelas VIII SMP Negeri 25 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi). Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M.Si, (2) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd

 

Kata Kunci: Team Game Turnamen, Fan N Pick, Motivasi, Hasil Belajar

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 25 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi diketahui bahwa 1) pada saat proses pembelajaran berlangsung, siswa cenderung pasif dan menganggap mata pelajaran IPS membosankan serta kurang adanya empati terhadap materi pelajaran; 2) cara mengajar yang dilakukan guru secara konvensional dan guru masih cenderung mendominasi kelas sehingga siswa cenderung pasif; 3) masih tingginya sikap ketergantungan siswa terhadap guru, dan 4) hasil belajar siswa pada bidang studi IPS masih kurang optimal yaitu masih banyak siswa yang nilainya di bawah KKM yang ditentukan sekolah yaitu 75. Keempat permasalahan tersebut akan berdampak pada motivasi siswa dalam belajar IPS dan hasil belajarnya.

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Team Game Turnamen dan Fan N Pick pada siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi pada mata pelajaran IPS, 2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Team Game Turnamen dan Fan N Pick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi pada mata pelajaran IPS, dan 3) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Team Game Turnamen dan Fan N Pick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi pada mata pelajaran IPS.

Temuan penelitian pada sisklis satu menunjukan bahwa masih banyak siswa yang belum paham tentang model pembelajaran kooperatif Team Game Turnamen dan Fan N Pick, dari temuan tersebut peneliti melanjut ke siklus ke dua dengan memberi pembelajaran yang terbimbing tentang model pembelajaran Team Game Turnamen dan Fan N Pick. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Hasil penelitiannya menunjukkan penerapan pembelajaran kooperatif Team Game Turnament dengan Fan n Pick berjalan dengan sangat baik. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan motivasi belajar siswa mencapai 60,65%, pada akhir siklus I motivasi belajar siswa meningkat menjadi 71,39% dan akhir siklus II meningkat menjadi 81,10%. Dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian sebelum tindakan sebesar 69,85, nilai rata-rata tes hasil belajar siklus I mengalami peningkatan menjadi 76,66, dan nilai rata-rata tes hasil belajar siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 81,87. Nilai ketuntasan klasikal sebelum tindakan sebesar 58,33%, pada akhir siklus I meningkat menjadi 70,83% dan akhir siklus II meningkat menjadi 87,5%.

Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa keunggulan dalam pembelajaran kooperatif adalah (1) saling ketergantungan positif; (2) adanya pengakuan dalam merespon perbedaan individu; (3) siswa dilibatkan dalam perencanaan dan pengelolaan kelas; (4) suasana kelas yang rileks dan tenang; (5) terjadinya hubungan yang hangat dan bersahabat antara siswa dan guru; dan (6) memiliki banyak kesempatan untuk mengekspresikan pengalaman emosi yang menyenangkan. Pada model pembelajaran Team Game Turnament dengan Fan n Pick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Dalam pelaksanaan model pembelajaran Team Game Turnamen dan Fan N Pick disarankan: 1) guru melakukan persiapan yang matang tentang khususnya tentang pengefesiensian waktu permainan; 2) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang tidak membosankan bagi siswa; 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, hendaknya guru harus bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk belajar yang dapat memacu pada hasil belajar mereka; 4) untuk pihak sekolah hendaknya mendukung dan memfasilitasi guru yang akan melakukan pembelajaran kooperatif yang mana ini akan berguna untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa tentunya yang diharapkan.