DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Power Point untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat (Studi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Wanci Kab. Wakatobi)

Zulham Jaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Jaya, Zulham. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Power Point untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat (Studi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Wanci Kab. Wakatobi). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd. (II)  Dr. H. Abdur Rahman As’ari, M.A.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif NHT, Power Point, Pemahaman Konsep

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SDN 1 Wanci Kabupaten Waktobi Provinsi Sulawesi Tenggara, permasalahan yang sering muncul pada pembelajaran matematika bagi siswa kelas IV SDN 1 Wanci selama mengikuti pelajaran matematika diantaranya: (1) Siswa yang pandai mendominasi pekerjaan dalam kelompok, siswa yang lain menunggu hasil, (2) kelompok yang beranggotakan siswa yang memiliki daya tangkap lambat dalam menerima materi pelajaran selalu membuat gaduh, ribut dan bermain-main dalam kelompoknya sehingga banyak soal dalam LKS yang tidak bisa terjawabkan. Persoalan lain juga sering muncul khususnya pada pembelajaran bilangan bulat pada saat melakukan operasi hitung seperti: (-7) + 6; 5 + (-4); (-8) + (-9); (-10) – (-11); (-3) – 7, dan sebagainya. Permasalahan yang muncul yang berkaitan dengan penyelesaian soal-soal seperti itu antara lain bagaimana memberikan penjelasan dan menanamkan konsep tersebut secara konkret.

 Melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan power point, terjadinya interaksi antara siswa melalui diskusi siswa secara bersama dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, dan dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan keterampilan bertanya, berdiskusi, dan mengembangkan bakat kepemimpinan. Sedangkan keunggulan dari media power point  adalah dapat memberikan pengalaman belajar yang konkret dan langsung kepada siswa

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Wanci yang berjumlah 28 siswa. Peneliti sebagai observer I yang akan mengamati aktivitas guru dan dibantu oleh salah seorang guru lain yang bertindak sebagai observer II yang mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran. sedangkan yang akan bertindak sebagai guru model atau dalam hal ini sebagai pemberi tindakan adalah guru kelas IV yang selama ini telah ditugaskan menjadi wali kelas IV di sekolah tempat penulis melaksnakan penelitian. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi kegiatan guru dan siswa, soal tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan langkah-langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan power point yang dapat meningkatkan pemahaman konsep penumlahan danpengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN 1 Wanci adalah dengan langkah-langkah pembelajaran seperti berikut: (1) tahap pembentukan kelompok dan pemberian nomor, (2) tahap memberikan pertanyaan, (3) tahap berpikir bersama dimana siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk menentukan jawaban dari permasalahan yang diberikan, (4) pemberian jawaban atau guru memanggil salah satu nomor dari salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil jawaban kelompoknya. Hasil tes pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN 1 Wanci menunjukan peningkatan yakni pada siklus I diperoleh hasil persentase sebesar 75,00% dengan rata-rata 75,09 dan pada siklus II meningkat sebesar 21,43% menjadi 96,43% dengan perolehan rata-rata 80,85.