DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Map untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 Lamokato Kabupaten Kolaka

Sovya Nur Kartika

Abstrak


ABSTRAK

 

Kartika, Sovya Nur. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Map untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 Lamokato Kabupaten Kolaka. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D (II) Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D.

 

Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, Mind map, Motivasi, Hasil belajar.

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi di Kelas VB SDN 2 Lamokato Kabupaten Kolaka, siswa kurang motivasi dalam pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, pembelajaran berpusat pada guru dan hasil belajar siswa rendah. Selain itu, siswa juga mengaku sulit memahami dan mengingat materi pelajaran IPA. Masalah tersebut diatasi dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map. Pembelajaran inkuiri terbimbing dapat membantu siswa menemukan sendiri konsep pembelajaran sedangkan teknik mind map akan membantu siswa mencatat konsep pembelajaran dengan kreatif, efektif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa Kelas VB SDN 2 Lamokato Kabupaten Kolaka.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Penelitian berlangsung selama 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, tes hasil belajar, catatan lapangan, pedoman wawancara dan dokumentasi yang telah tervalidasi.

Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VB di SDN 2 Lamokato. Hasil tersebut dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar klasikal siswa yaitu dari 76,8% pada siklus 1 meningkat menjadi 89,7% pada siklus 2, persentase peningkatan tersebut sebesar 12,9%. Hasil belajar IPA siswa juga meningkat dari pra tindakan sebesar 57,1%, pada siklus 1 mencapai 70,4%, meningkat lagi pada siklus 2 sebesar 85,2%. Ketuntasan belajar klasikal siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 14,8%. Hasil tersebut telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan yaitu ≥ 85% siswa mencapai KKM 70 pada siklus 2.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa Kelas VB SDN 2 Lamokato Kabupaten Kolaka. Peneliti memberi saran kepada guru bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind map ini dapat dipilih sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.