DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Geografis dan Hasil Belajar Geografi SMA

Bakti Adisyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Adisyah, Bakti. 2016. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap KeterampilanGeografis dan Hasil Belajar Geografi SMA. Tesis. Program StudiPendidikan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si, (II) Prof. Dr. Budijanto,M.Sos.

 

Kata Kunci: pendekatan saintifik, keterampilan geografis, hasil belajar geografi

Kondisi faktual tentang keterampilan geografis dan hasil belajar Geografidi beberapa sekolah di Indonesia masih jauh dari harapan. Hal ini akan menjadihambatan yang sangat berat untuk mengembangkan Geografi pada masa yangakan datang. Perlu pemikiran yang serius guna mencari jalan keluar untuk dapatmeningkatkan kualitas pembelajaran Geografi. Salah satu cara yang dilakukanuntuk meningkatkan kualitas pembelajaran Geografi adalah menerapkanpendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan cara ilmiah dalammenghadapi suatu masalah yang mampu mempersiapkan generasi berpikir kritisdan berketerampilan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatansaintifik terhadap keterampilan geografis siswa; (2) pengaruh pendekatan saintifikterhadap hasil belajar geografi SMA. Metode yang digunakan adalah kuasieksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis desain penelitian yangdigunakan adalah nonequivalent control group design yang merupakan bagiandari metode penelitian kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas X SMA Negeri 1 Empang, Kabupaten Sumbawa semester genap tahunajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilangeografis dan hasil belajar materi hidrosfer. Teknik analisis yang digunakanadalah Independent Samples t-Test dengan bantuan program SPSS 16.0 forWindows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikanpendekatan saintifik terhadap keterampilan geografis dengan nilai sig (2-tailed)0,000 < 0,05; (2) terdapat pengaruh signifikan pendekatan saintifik terhadap hasilbelajar geografi siswa dengan nilai sig (2-tailed) 0,000