DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Citra Sekolah (Studi Multi Situs pada SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal dan SD Muhammadiyah Kemantran).

Martha Larasati

Abstrak


ABSTRAK

 

Larasati, Martha. 2016. Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Citra Sekolah (Studi Multi Situs pada SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal dan SD Muhammadiyah Kemantran). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H.Kusmintardjo, M.Pd.; (II) Dr. H.Imron Arifin, M.Pd.

 

Kata Kunci: upaya, kepala sekolah, citra sekolah,

Persaingan untuk menarik minat pelanggan tidak hanya terjadi di perusahaan profit. Sekolah sebagai perusahaan pendidikan yang bersifat non-profit bersaing untuk menarik minat dan memenuhi keinginan para pelanggan dalam hal ini siswa, orang tua, dan masyarakat. Salah satu upaya sekolah untuk memenangkan persaingan di dunia pendidikan adalah membangun citra sekolah di masyarakat. Untuk menarik minat masyarakat, sekolah harus memiliki citra positif. Citra positif dapat dibangun melalui layanan pendidikan bermutu yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Seorang kepala sekolah harus berkomitmen dan berani melakukan perubahan kearah lebih baik sehingga membentuk budaya mutu yang memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal ini siswa, orang tua siswa, dan masyarakat. Budaya mutu yang terbentuk akan berpengaruh pada respon masyarakat terhadap sekolah sehingga mampu meningkatkan citra sekolah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan peran kepala sekolah, (2) mendeskripsikan strategi kepala sekolah , (3) mendeskripsikan masalah yang dihadapi dan solusi yang dilakukan kepala sekolah, dan (4) mendeskripsikan  daya dukung sekolah dalam meningkatkan citra sekolah di SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal dan SD Muhammadiyah Kemantran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dibagi dalam dua tahap yakni analisis data individu dan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan kredibilitas yang meliputi tiga kriteria yakni triangulasi, diskusi teman sejawat, menggunakan bahan referensi, membercheck, , dan dependabilitas.

Berdasarkan teknik analisis data tersebut diperoleh temuan lintas situs sebagai berikut: (1) Peran kepala sekolah meningkatkan citra sekolah meliputi;  Kepala sekolah sebagai educator, kepala sekolah sebagai manager, kepala sekolah sebagai leader, kepala sekolah sebagai pencipta Iklim kerja, kepala sekolah sebagai wirausahawan. (2) Strategi kepala sekolah meningkatkan citra sekolah meliputi; Publikasi, Continual Improvement , melaui perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana dan program unggulan, revitalisasi humas, dan Good communication. (3) Masalah dan solusi kepala sekolah dalam meningkatkan citra sekolah yaitu: Masalah pertama, pola pikir guru susah diajak maju. Solusinya melalui program teachers’ exchange, melakukan pembiasaan budaya mutu, dan reward (piknik dan fresh money). Masalah kedua, dukungan dan pola pikir orang tua yang menilai keberhasilan sekolah hanya dari nilai siswa. Solusinya merubah pola orang tua melalui smart parenting, Masalah ketiga, pendanaan pengembangan sarana prasarana. Solusinya biaya didapat melalui beberapa jalan diantaranya; entrepreneur, sponsorship, dan meningkatkan pelayanan pendidikan. Masalah keempat, kultur masyarakat masih berbasis golongan. Masyarakat sekitar berbasis NU sedangkan sekolah berbasis Muhammadiyah. Solusinya menghadapi persaingan sekolah melalui promosi dan mengadakan program yang menarik masyarakat seperti lomba-lomba saat peringatan hari besar nasional.Masalah kelima, keinginan antara yayasan dengan pihak sekolah kadang tidak sejalan. Solusinya kepala sekolah mengambil langkah tegas dan bijak dalam pengambilan keputusan dengan meminimalisir resiko yang dapat merugikan pihak eksternal sekolah. (4) Daya dukung dalam meningkatkan citra sekolah meliputi: JPSM (Jaring Penggerak Sekolah Muhammadiyah), team work yang solid antara kepala sekolah dan seluruh guru dan staff, peran majelis Dikdasmen dan PCM sebagai salah satu stakeholder SD Muhammadiyah dalam memberi support penyelenggaran pendidikan.

Saran-saran yang dapat dikemukakan oleh peneliti adalah sebagai berikut; (1) Bagi Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten Tegal, khususnya Kepala Dinas, Kepala UPPD, dan para pengawas SD untuk melibatkan seluruh kepala sekolah di lingkungannya dalam workshop, dan pelatihan untuk mensosialisasikan  upaya meningkatkan citra sekolah , (2) Bagi Kepala Sekolah agar menjadi salah satu bahan rujukan dan referensi kepala sekolah untuk berupaya meningkatkan citra sekolah melalui peran kepala sekolah yang inovatif, mau mengambil resiko, dan berkomitmen melakukan perubahan mutu. Disamping itu kepala sekolah harus melakukan strategi berupa publikasi, continual improvement sarana prasarana maupun program unggulan sekolah, revitalisasi humas, dan menjalin good communication antara kepala sekolah,guru, staff, dan orang tua siswa. Dapat dijadikan referensi juga untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul karena upaya Meningkatkan citra sekolah, (3) Bagi Orang Tua Siswa dan Masyarakat agar menumbuhkan kesadaran orang tua siswa dan masyarakat untuk berpartisipasi mendukung program-program kepala sekolah berupa revitalisasi humas melalui smart parenting, promosi, dan parents day untuk meningkatan citra sekolah yang akan diikuti peningkatan mutu penyelenggaran pendidikan di sekolah serta kepuasan orang tua siswa dan masyarakat sebagai pengguna layanan pendidikan, (4) Bagi Peneliti Lain dapat mempertimbangkan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi agar dapat melakukan studi lebih lanjut dalam  melakukan penelitian pada tema penelitian tentang peran dan strategi kepala sekolah dalam peningkatan citra sekolah, daya dukung sekolah dalam meningkatkan citrasekolah, kepemimpinan kepala sekolah dalam  mengatasi masalah-masalah yang muncul di sekolah, atau strategi pemasaran sekolah, baik menggunakan metode penelitian kualitatif , kuantitatif, maupun pengembangan.

 

ABSTRACT

 

Larasati, Martha. 2016. Principal’s Efforts in Improving School’s Image (Multi-Site Study on SD Muhammadiyah 1 Tegal and SD Muhammadiyah Kemantran). Thesis. Studies Program of Education Management. Post-Graduate. State University of  Malang. Advisors: (I) Dr. H.Kusmintardjo, M.Pd .; (II) Dr. H.Imron Arifin, M.Pd.

 

Keywords: effort, principal, school’s image

Competition to attract customers not only in the company profit. School as an education company that is a non-profit competing to attract and satisfy the desire of the customer in this case students, parents, and community. One of the efforts of the school to win the competition in the world of education is to build the image of the school in the community. To attract the interest of the community, the school should have a positive image. A positive image can be built through quality education services oriented to customer satisfaction. A school principal must commit and courage to make changes toward better to establish a culture of quality that meets the needs of customers in this case students, parents, and community. Quality culture formed will have an effect on the public response to the school so as to improve the image of the school.

The purpose of this study was to: (1) describe the role of the principal, (2) describes the strategy of the principal, (3) describe the problems encountered and solutions that do principals, and (4) describe the carrying capacity of the school to improve the school's image in SD Muhammadiyah 1 Tegal and SD Muhammadiyah Kemantran.

This study used a qualitative descriptive approach with the design of multi-site studies. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. Data analysis was divided into two phases analysis of individual data and data analysis across sites. Checking the validity of the data in this study using a credibility that includes three criteria namely triangulation, peer discussions, using reference materials, membercheck, and dependability.

Based on the data analysis it is found across the site as follows: (1) The principal's role includes improving the school's image; The principal as educator, school principal as a manager, the principal as leader, the head of the school as a creator of work climate, the principal as an entrepreneur. (2) Strategy principals improve the image of the school include; Publications, Continual Improvement, through improvements and additions to infrastructure and excellent programs, revitalization of public relations, and Good communication. (3) Problems and solutions principals in improving the image of the school as follows: The first problem, the mindset of teachers difficult invited to forward. The solution is through teachers' exchange, do habituation quality culture, and reward (picnic and fresh money). The second problem, the support and the mindset of parents who judge the success of a student's grade school only. The solution is to change the way parents through parenting smart, third issue, financing the development of infrastructure. The solution cost obtained through several roads, including; entrepreneur, sponsorship, and improve educational services. The fourth problem, the culture is still based community groups. NU while the surrounding community-based school-based Muhammadiyah. The solution schools face competition through the promotion and conduct programs that draw people like competitions during the commemoration of the fifth nasional.Masalah big day, the desire between the foundation with the school sometimes inconsistent. The solution principals to take decisive steps and wise decision making by minimizing risks on the external side of the school. (4) The carrying capacity in enhancing the image of the school include: JPSM (Net Driving School Muhammadiyah), a solid team work between the principal and all the teachers and staff, the role of Primary and Secondary Education and the PCM assembly as one of the stakeholders of SD Muhammadiyah in giving support the delivery of education.

The suggestions can be put forward by the researchers is as follows; (1) There should of Education Office of Tegal and the Primary Schools about how should a school principal in improving the image of the school to be used as inputs in improving the quality of education in the work environment, (2) For the Principal's good to make this study as one of the reference material and references to establish or enhance the school's image. (3) For the Parents' and communities to raise awareness of parents and the community to participate in support programs of principals in the establishment and improvement of the school's image that will be followed by an increase in the delivery of education in the schools as well as the satisfaction of parents and the community as users of educational services (4) For other researchers can consider these results as reference material in conducting research on similar research themes with different background in order to conduct further studies.