DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ManajemenHumasdalamMembangun Citra PositifSekolah (Studi Multi Kasus di SDN LamperKidul 02 dan SD PL Bernadus, Semarang Selatan).

Fatma Swa Agni

Abstrak


ABSTRAK

 

Agni, Fatma Swa. 2016. Manajemen Humas dalam Membangun Citra Positif Sekolah (Studi Multi Kasus di SDN Lamper Kidul 02 dan SD PL Bernadus, Semarang Selatan). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono, M. Pd., (II) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd.

 

Kata Kunci: manajemen hubungan masyarakat, citra positif, sekolah

Kualitas sumber daya manusia dalam suatu negara ditentukan oleh mutu pendidikan. Pendidikan yang baik mengarah pada upaya pembentukan manusia yang tanggap terhadap lingkungan dan peka terhadap perubahan. Pentingnya pendidikan membuat pemerintah mewajibkan seluruh rakyat Indonesia untuk mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar. Oleh karenanya sekolah berlomba-lomba untuk membangun citra positif agar sekolah tersebut menjadi sekolah unggulan dan diminati oleh seluruh lapisan masyarakat. Citra positif sekolah tidak terbentuk begitu saja, manajemen humas di dalam sekolah memiliki pengaruh besar dalam membangun citra positif.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal antara lain perencanaan humas dalam membangun citra positif, implemenasi manajemen humas dalam membangun citra positif, evaluasi humas dalam membangun citra positif.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data terdiri atas analisis data kasus tunggal dan analisis data lintas kasus. Pengecekan keabsahan data menggunakan tiga kriteria, yaitu trianggulasi, bahan referensi dan member chek.

Dari penelitian yang telah dilaksanakan maka di temukan manajemen humas di SD Lamper Kidul 02 berada di bawah kepala bidang kehumasan. Dalam melakukan perencanaan sekolah melakukan kajian internal dan eksternal kemudian merumuskan tujuan humas dan menyusun program rutin dan insidental. Setelah itu sekolah melakukan publikasi dan promosi. SD Bernadus melakukan perencanaan dengan melakukan kajian baik secara internal dan eksternal, kemudian menyusun program kehumasan jangka pendek dan jangka panjang kemudian melakukan publikasi dan promosi. Dalam proses perencanaan kegiatan komite memiliki peran aktif.

Pelaksanaan kehumasan yang dilakukan oleh SD Lamper Kidul 02 adalah mengacu pada perencanaan awal. Sekolah melaksanakan kegiatan humas dalam program rutin yang terbagi dalam program internal maupun eksternal. Sedangkan program insidental dilakukan apabila terdapat tawaran kerjasama dari pihak luar terhadap sekolah. Seluruh kegiatan sekolah dan promosi dipublikasikan melalui berbagai cara antara lain lewat papan pengumuman, media cetak dan internet. Promosi yang dilakukan sekolah tidak terlalu gencar karena sekolah merupakan sekolah gratis dengan kualitas unggul sehingga menarik wali murid untuk menyekolahkan anaknya di sekolah ini. SD Bernadus melaksanakan manajemen humas dengan mengacu pada perencanaan awal yang terbagi dalam program jangka panjang dan jangka pendek. Seluruh kegiatan dan prestasi sekolah dipublikasikan melalui berbagai macam cara antara lain web sekolah, majalah sekolah, facebook, papan pengumuman, dan media cetak. Promosi sekolah dibantu oleh komite dan dilakukan dengan gencar di berbagai tempat seperti di mall-mall serta di TK sasaran. Dalam pelaksanaan kegiatan komite berperan aktif.

Evaluasi kedua sekolah dilakukan pada rapat bersama dengan melakukan kajian terhadap proses kegiatan kehumasan yang berlangsung. Kajian tersebut nantinya digunakan dalam menyusun perencanaan sehingga kegiatan yang dilaksakan lebih baik.

Saran bagi Kepala Sekolah dan UPTD hendaknya dapat meningkatkan kualitas guru berkaitan dengan pengelolaan humas sekolah melalui seminar, diklat atau workshop. Bagi Yayasan Pangudi Luhur agar dapat membentuk pertemuan antara humas sekolah untuk berbagi pendapat dan informasi. Bagi peneliti lain hendaknya dapat melakukan penelitian dengan lebih mendalam terkait dengan program, hambatan dan solusi manajemen humas sekolah.