DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UpayaKepalaSekolahdalam Meningkatkan Citra Sekolah (Studi Multi Situspada SD Muhammadiyah 1 Kota Tegaldan SD MuhammadiyahKemantran)

Martha Larasati

Abstrak


ABSTRAK

 

Larasati, Martha. 2016. Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan CitraSekolah (Studi Multi Situs pada SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal dan SDMuhammadiyah Kemantran). Tesis. Program Studi ManajemenPendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.H.Kusmintardjo, M.Pd.; (II) Dr. H.Imron Arifin, M.Pd.

 

Kata Kunci: upaya, kepala sekolah, citra sekolah,

Persaingan untuk menarik minat pelanggan tidak hanya terjadi diperusahaan profit. Sekolah sebagai perusahaan pendidikan yang bersifat nonprofit bersaing untuk menarik minat dan memenuhi keinginan para pelanggandalam hal ini siswa, orang tua, dan masyarakat. Salah satu upaya sekolah untukmemenangkan persaingan di dunia pendidikan adalah membangun citra sekolah dimasyarakat. Untuk menarik minat masyarakat, sekolah harus memiliki citrapositif. Citra positif dapat dibangun melalui layanan pendidikan bermutu yangberorientasi pada kepuasan pelanggan. Seorang kepala sekolah harusberkomitmen dan berani melakukan perubahan kearah lebih baik sehinggamembentuk budaya mutu yang memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal inisiswa, orang tua siswa, dan masyarakat. Budaya mutu yang terbentuk akanberpengaruh pada respon masyarakat terhadap sekolah sehingga mampumeningkatkan citra sekolah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan peran kepalasekolah, (2) mendeskripsikan strategi kepala sekolah , (3) mendeskripsikanmasalah yang dihadapi dan solusi yang dilakukan kepala sekolah, dan (4)mendeskripsikan daya dukung sekolah dalam meningkatkan citra sekolah di SDMuhammadiyah 1 Kota Tegal dan SD Muhammadiyah Kemantran.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif denganrancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahwawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dibagidalam dua tahap yakni analisis data individu dan analisis data lintas situs.Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan kredibilitas yangmeliputi tiga kriteria yakni triangulasi, diskusi teman sejawat, menggunakanbahan referensi, membercheck, , dan dependabilitas.

Berdasarkan teknik analisis data tersebut diperoleh temuan lintas situssebagai berikut: (1) Peran kepala sekolah meningkatkan citra sekolah meliputi;Kepala sekolah sebagai educator, kepala sekolah sebagai manager, kepala sekolahsebagai leader, kepala sekolah sebagai pencipta Iklim kerja, kepala sekolahsebagai wirausahawan. (2) Strategi kepala sekolah meningkatkan citra sekolahmeliputi; Publikasi, Continual Improvement , melaui perbaikan dan penambahansarana dan prasarana dan program unggulan, revitalisasi humas, dan Goodcommunication. (3) Masalah dan solusi kepala sekolah dalam meningkatkan citrasekolah yaitu: Masalah pertama, pola pikir guru susah diajak maju. Solusinyamelalui program teachers’ exchange, melakukan pembiasaan budaya mutu, danreward (piknik dan fresh money). Masalah kedua, dukungan dan pola pikir orangtua yang menilai keberhasilan sekolah hanya dari nilai siswa. Solusinya merubahpola orang tua melalui smart parenting, Masalah ketiga, pendanaanpengembangan sarana prasarana. Solusinya biaya didapat melalui beberapa jalandiantaranya; entrepreneur, sponsorship, dan meningkatkan pelayanan pendidikan.

Masalah keempat, kultur masyarakat masih berbasis golongan. Masyarakat sekitarberbasis NU sedangkan sekolah berbasis Muhammadiyah. Solusinya menghadapipersaingan sekolah melalui promosi dan mengadakan program yang menarikmasyarakat seperti lomba-lomba saat peringatan hari besar nasional.Masalahkelima, keinginan antara yayasan dengan pihak sekolah kadang tidak sejalan.Solusinya kepala sekolah mengambil langkah tegas dan bijak dalam pengambilankeputusan dengan meminimalisir resiko yang dapat merugikan pihak eksternalsekolah. (4) Daya dukung dalam meningkatkan citra sekolah meliputi: JPSM(Jaring Penggerak Sekolah Muhammadiyah), team work yang solid antara kepalasekolah dan seluruh guru dan staff, peran majelis Dikdasmen dan PCM sebagaisalah satu stakeholder SD Muhammadiyah dalam memberi supportpenyelenggaran pendidikan.

Saran-saran yang dapat dikemukakan oleh peneliti adalah sebagai berikut;(1) Bagi Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten Tegal, khususnya Kepala Dinas,Kepala UPPD, dan para pengawas SD untuk melibatkan seluruh kepala sekolah dilingkungannya dalam workshop, dan pelatihan untuk mensosialisasikan upayameningkatkan citra sekolah , (2) Bagi Kepala Sekolah agar menjadi salah satubahan rujukan dan referensi kepala sekolah untuk berupaya meningkatkan citrasekolah melalui peran kepala sekolah yang inovatif, mau mengambil resiko, danberkomitmen melakukan perubahan mutu. Disamping itu kepala sekolah harusmelakukan strategi berupa publikasi, continual improvement sarana prasaranamaupun program unggulan sekolah, revitalisasi humas, dan menjalin goodcommunication antara kepala sekolah,guru, staff, dan orang tua siswa. Dapatdijadikan referensi juga untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul karenaupaya Meningkatkan citra sekolah, (3) Bagi Orang Tua Siswa dan Masyarakatagar menumbuhkan kesadaran orang tua siswa dan masyarakat untukberpartisipasi mendukung program-program kepala sekolah berupa revitalisasihumas melalui smart parenting, promosi, dan parents day untuk meningkatancitra sekolah yang akan diikuti peningkatan mutu penyelenggaran pendidikan disekolah serta kepuasan orang tua siswa dan masyarakat sebagai pengguna layananpendidikan, (4) Bagi Peneliti Lain dapat mempertimbangkan hasil penelitian inisebagai bahan referensi agar dapat melakukan studi lebih lanjut dalam melakukanpenelitian pada tema penelitian tentang peran dan strategi kepala sekolah dalampeningkatan citra sekolah, daya dukung sekolah dalam meningkatkancitrasekolah, kepemimpinan kepala sekolah dalam mengatasi masalah-masalahyang muncul di sekolah, atau strategi pemasaran sekolah, baik menggunakanmetode penelitian kualitatif , kuantitatif, maupun pengembangan.

 

ABSTRACT

 

Larasati, Martha. 2016. Principal’s Efforts in Improving School’s Image (MultiSite Study on SD Muhammadiyah 1 Tegal and SD MuhammadiyahKemantran). Thesis. Studies Program of Education Management. PostGraduate. State University of Malang. Advisors: (I) Dr. H.Kusmintardjo,M.Pd .; (II) Dr. H.Imron Arifin, M.Pd.

 

Keywords: effort, principal, school’s image

Competition to attract customers not only in the company profit. School asan education company that is a non-profit competing to attract and satisfy thedesire of the customer in this case students, parents, and community. One of theefforts of the school to win the competition in the world of education is to buildthe image of the school in the community. To attract the interest of thecommunity, the school should have a positive image. A positive image can bebuilt through quality education services oriented to customer satisfaction. Aschool principal must commit and courage to make changes toward better toestablish a culture of quality that meets the needs of customers in this casestudents, parents, and community. Quality culture formed will have an effect onthe public response to the school so as to improve the image of the school.The purpose of this study was to: (1) describe the role of the principal, (2)describes the strategy of the principal, (3) describe the problems encountered andsolutions that do principals, and (4) describe the carrying capacity of the school toimprove the school's image in SD Muhammadiyah 1 Tegal and SDMuhammadiyah Kemantran.

This study used a qualitative descriptive approach with the design of multisite studies. Data collection techniques used were interviews, observation anddocumentation. Data analysis was divided into two phases analysis of individualdata and data analysis across sites. Checking the validity of the data in this studyusing a credibility that includes three criteria namely triangulation, peerdiscussions, using reference materials, membercheck, and dependability.Based on the data analysis it is found across the site as follows: (1) Theprincipal's role includes improving the school's image; The principal as educator,school principal as a manager, the principal as leader, the head of the school as acreator of work climate, the principal as an entrepreneur. (2) Strategy principalsimprove the image of the school include; Publications, Continual Improvement,through improvements and additions to infrastructure and excellent programs,revitalization of public relations, and Good communication. (3) Problems andsolutions principals in improving the image of the school as follows: The firstproblem, the mindset of teachers difficult invited to forward. The solution isthrough teachers' exchange, do habituation quality culture, and reward (picnic andfresh money). The second problem, the support and the mindset of parents whojudge the success of a student's grade school only. The solution is to change theway parents through parenting smart, third issue, financing the development ofinfrastructure. The solution cost obtained through several roads, including;entrepreneur, sponsorship, and improve educational services. The fourth problem,the culture is still based community groups. NU while the surroundingcommunity-based school-based Muhammadiyah. The solution schools facecompetition through the promotion and conduct programs that draw people likecompetitions during the commemoration of the fifth nasional.Masalah big day, thedesire between the foundation with the school sometimes inconsistent. Thesolution principals to take decisive steps and wise decision making by minimizingrisks on the external side of the school. (4) The carrying capacity in enhancing theimage of the school include: JPSM (Net Driving School Muhammadiyah), a solidteam work between the principal and all the teachers and staff, the role of Primaryand Secondary Education and the PCM assembly as one of the stakeholders of SDMuhammadiyah in giving support the delivery of education.

The suggestions can be put forward by the researchers is as follows; (1)There should of Education Office of Tegal and the Primary Schools about howshould a school principal in improving the image of the school to be used asinputs in improving the quality of education in the work environment, (2) For thePrincipal's good to make this study as one of the reference material and referencesto establish or enhance the school's image. (3) For the Parents' and communities toraise awareness of parents and the community to participate in support programsof principals in the establishment and improvement of the school's image that willbe followed by an increase in the delivery of education in the schools as well asthe satisfaction of parents and the community as users of educational services (4)For other researchers can consider these results as reference material inconducting research on similar research themes with different background in orderto conduct further studies.