DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Bantuan Mind Mapping terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 7 Sinjai Selatan

ANDI NURWAHIDA

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurwahida, Andi 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Bantuan Mind Mapping terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 7 Sinjai Selatan. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar IPA, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd. (2) Prof. H. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D.

 

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, mind mapping, keterampilan proses sains, hasil belajar IPA

Observasi awal dilakukan di SMP Negeri 7 Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai pada bulan Januari 2016, khususnya tentang pelaksanaan pembelajaran di kelas. Dari hasil observasi ditemukan fakta bahwa kompetensi kognitif siswa belum tuntas, artinya nilai belum mencapai KKM yang ditetapkan. Rata-rata nilai hasil kompetensi materi memahami saling ketergantungan dalam ekosistem belum mencapai KKM. Sementara itu, hasil observasi keterampilan proses sains siswa menunjukkan masih adanya beberapa siswa yang keterampilannya masih kurang terutama saat melakukan pengamatan, yakni (1) kurang terampil dalam menggunakan alat dan bahan, (2) kurang mampu melakukan pengamatan dan menafsirkan hasil pengamatan, (3) kurang terampil menyusun dan menyampaikan laporan hasil pengamatan yang telah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan teknik mind mapping dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (eksperimen quasi) dengan desain berbentuk “pretest-postest control group design”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII  SMP Negeri 7 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 50 orang. Instrumen penelitian terdiri atas silabus, RPP, LKS, soal tes hasil belajar IPA, soal tes keterampilan proses sains, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi penilaian tes performance siswa. Data dianalisis dengan menggunakan N-gain dan ANACOVA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa berbeda antara yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan mind mapping dan yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA lebih tinggi pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan teknik mind mapping dibandingkan siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merekomendasikan pada guru untuk terus menggunakan metode pembelajaran inovatif. Untuk siswa diharapkan menjadi lebih aktif dan lebih mandiri dalam kegiatan pembelajaran sehingga memberikan pengaruh secara langsung terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA. Sedangkan bagi para peneliti, diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini pada materi lain.