DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

INTERNALISASI NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL UPACARA RAMBU SOLO' DALAM PERSPEKTIF ETNOGRAFI SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR

Fuad Guntara

Abstrak


ABSTRAK

 

Guntara, Fuad. 2016. Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Upacara  Rambu Solo’ dalam Prespektif Etnografi  Sebagai Suplemen Bahan Ajar Geografi Budaya. Tesis, Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ach. Fatchan ,M.Pd, MP, (2) Dr. I Nyoman Ruja, SU.

 

Abstrak: Upacara rambu solo’ sebagai upacara adat mengandung aspek religus dan sosial. Geografi Budaya dapat dijadikan perangkat untuk menginternalisasikan aspek tersebut melalui suplemen bahan ajar. Hal ini, diharapkan mampu membentuk peserta didik yang berkarakter. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: (1). proses upacara  rambu solo’; (2). makna upacara rambu solo’ bagi masyarakat suku Toraja; (3) bentuk suplemen bahan ajar geografi budaya.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi yang dilaksanakan di Kabupaten Toraja Utara. Informan pada penilitian ini yaitu tokoh adat upacara rambu solo’; tokoh formal/pemerintah setempat; dan masyarakat pelaku upacara rambu solo’. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data penelitian ini dengan menggunakana teknik analisis induktif. Hasil penelitian adalah: (1). prosesi upacara rambu solo secara umum yaitu: (a).kebaktian;  (b).penerimaan tamu; (c).pemotongan kerbau;  (d).pemakaman.  (2). makna yang terkandung dalam upacara rambu solo, yaitu: (a).kekeluargaan; (b).religius; (c).tanggung jawab; (d).ekonomi; (e).cinta dan kasih; (f). toleransi; (g). kegotongroyongan dan tolong menolong; (h).hiburan. Nilai-nilai karakter dapat diinternalisasikan dalam pembelajaran melalui pengintegrasian rambu solo’ ke dalam suplemen bahan ajar geografi budaya.

Kata kunci: rambu solo’, geografi budaya

 

ABSTRACT

 

Guntara, Fuad. 2016. Internalization Values of Local Culture Rambu Solo’ Ceremony in Ethnographic Perspectives as Supplement of Teaching Material Cultural  Geography. Thesis, Geography Education of Departement, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Supervisor: (1) Prof. Dr. Ach. Fatchan ,M.Pd, MP, (2) Dr. I Nyoman Ruja, SU.

 

Abstract: The ceremony of rambu solo’ brings religious and social. Cultural geography can be used as a device to internalize these aspects through a supplement teaching materials. It is expected to be able to form the character of students. This study aimed (1). the proccesses of rambu solo; (2). the meaning of rambu solo’; (3) supplement of instructional cultural geography. The subjects in this research were traditional leaders; local government; and implementing public rambu solo '. The data collection techniques are observation participation and in-depth interviews. This research data analysis techniques by using current analytical techniques inductive. The purpose of research is to determine: The results were (1). step of rambu solo’ is (a). praying; (b) receptionist; (c). sacrifice buffalo; (d). funeral. (2). the meaning of rambu solo’ is (a). the ceremony is held to unite the family; (b). to religious; (c). to become responsible; (d). economy; (e). love; (f). tolerance; (g). to work together and to donate wealth as a charity;  (h). to entertaiment. The Character values can be internalized in learning through the integration of rambu solo’ into the chapter regarding cultural geography.

Keywords: rambu solo’, cultural geography