DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi di SMPN 2 Tasikmalaya - Jawa Barat)

Firman Bahtiar

Abstrak


Abstrak : Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode pembelajaran, lembar kerja siswa  dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS yang merupakan studi di SMP Negeri 2 Tasikmalaya. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh siswa dari mulai kelas VII sampai dengan kelas IX SMP Negeri 2 Tasikmalaya yang berjumlah 1256 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 270 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability sampling yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu metode pembelajaran (X1), lembar kerja siswa (X2), motivasi belajar (X3) dan Prestasi Belajar (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Metode analisis yaitu analisis deskriptif. Uji asumsi klasik: normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis: uji signifikansi simultan, uji parsial, regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y= -1.543 + 13.906 X1 + 5.247X2 + 1.257 X3. Secara deskriptif penelitian menunjukkan bahwa kategori metode pembelajaran, lembar kerja siswa dan motivasi belajar adalah kuat. Pengaruh metode pembelajaran, lembar kerja siswa dan motivasi belajar sebesar 69,9% dengan arah positif dan signifikan dan sisanya sebesar 30,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

 

The purpose of this study was to determining the effect of learning method, worksheet and learning motivation in academic achievement of student SMP Negeri 2 Tasikmalaya. The population of this study was seventh grade until nineth grade students of SMP Negeri 2 Tasikmalaya, their was 1256 students. This study used a sample of 270 samples. Sampling technique was use Probability sampling with  Proportionate Stratified Random Sampling. The variable in this study was the independent variable of learning method (X1), worksheet (X2) and learning motivation (X3) an academic achievement (Y) as the dependent variable. This study used a quantitative research with data collection methods: questionnaires and documentation. The analysis method used descriptive statistic analysis and inferential statistic analysis with multiple regression technique. Classical Linear Regression Model: normalilty, linearity, multicolinearity and heterocedasticity. Hypothesis testing included simultaneous significance testing, partial testing, coefficient of determination in multiple linier regression.. The results of this research obtained by the regression equation Y= -1.543 + 13.906 X1 + 5.247X2 + 1.257 X3. In descriptive research showed learning method, worksheet and learning motivation was 69,9%, they are positive and significant. and the remaining 30,1% was affected by other unknown factor.

Keywords: Learning Methode, Worksheet, Learning Motivation, Academic Achievement