DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Argument-Driven Inquiry dengan Scaffolding dan Kemampuan Akademik terhadap Keterampilan Argumentasi, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi Dasar Mahasiswa Jurusan PMIPA Universitas Lampung

Neni Hasnunidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasnunidah, Neni. 2016. Pengaruh Argument-Driven Inquiry dengan Scaffoldingdan Kemampuan Akademik terhadap Keterampilan Argumentasi,Keterampilan Berpikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi DasarMahasiswa Jurusan PMIPA Universitas Lampung. Disertasi, Program StudiPendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D., (II) Prof. Dr. Hj. MimienHenie Irawati, M.S., (III) Dr. Hadi Suwono, M.Si.

 

Kata kunci: argument-Driven Inquiry, scaffolding, keterampilan argumentasi,keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep.

Kualitas pendidikan di Indonesia perlu terus ditingkatkan dalam rangka menghadapi persaingan di era globalisasi. Persiapan sumber daya manusia yang berkualitas di Perguruan Tinggi merupakan faktor kunci menuju kemajuan masyarakat atau bangsa. Pola perkuliahan adalah salah satu aspek penting yang perlu terus disempurnakan. Berbagai aktivitas belajar masih didominasi oleh dosen pada perkuliahan Biologi Dasar di Jurusan PMIPA Universitas Lampung, sehingga keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran masih kurang. Kondisi ini menyebabkan kurang optimalnya perkuliahan dalam mengembangkan wacana argumentatif dan memberdayakan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, sehingga pemahaman konsepnya cenderung rendah. Diperlukan perbaikan proses perkuliahan melalui model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) dengan Scaffolding. ADI dengan Scaffolding (ADIS) adalah modifikasi penggunaan model pembelajaran ADI dengan bimbingan argumentasi berjenjang dari tingkat kelas, kelompok, dan individu yang diawali dengan adanya standpoint pada setiap jenjang. Model pembelajaran ADIS memungkinkan mahasiswa mengkonstruksi sendiri pengetahuannya melalui keterlibatan aktif dalam kegiatan penyelidikan, argumentasi, menulis, dan mereviu yang dilatihkan dari tingkat kelas, kelompok, dan individu. Dengan demikian, mahasiswa dapat lebih memahami materi perkuliahan, meningkatkan pemikiran kritis, dan beragumentasi secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Argument-Driven Inquiry dengan Scaffolding dan kemampuan akademik terhadap keterampilan argumentasi, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep Biologi Dasar mahasiswa Jurusan PMIPA Universitas Lampung.

Penelitian kuasi eksperimen digunakan dengan pretest posttest non equivalent control group design pada semester ganjil tahun akademik 2014/2015. Unit perlakuan yang digunakan adalah faktorial 3 x 2 dengan variabel bebas adalah model pembelajaran ADI, ADIS, dan Konvensional. Sebagai variabel moderator adalah kemampuan akademik yaitu kemampuan akademik atas dan kemampuan akademik bawah. Sebagai variabel terikat adalah keterampilan argumentasi, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang menempuh perkuliahan Biologi Dasar di Jurusan PMIPA Unila. Penentuan kelas sampel menggunakan teknik cluster random sampling pada program studi Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika. Setiap model pembelajaran (ADI, ADIS, dan Konvensional) diwakili oleh 2 kelas. Keenam kelas eksperimen homogen berdasarkan data grouping yang berasal dari nilai UN dan nilai tes penempatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen-instrumen berikut: tes keterampilan argumentasi, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep; lembar observasi argumentasi dan transkripsi perekaman audio-visual; lembar observasi keterlaksanaan sintaks; dan kuesioner  tanggapan mahasiswa. Data hasil pretes dan postes dianalisis dengan uji MANCOVA pada taraf signifikansi 5%. Uji lanjut menggunakan uji LSD (Least Significans Difference). Uji asumsi untuk MANCOVA adalah uji normalitas sebaran data menggunakan One Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas varians data menggunakan Levene Test of Equality of Error Variances. Analisis regresi dilakukan untuk menguji hubungan di antara ketiga variabel terikat. Uji asumsi untuk analisis regresi, yaitu: uji normalitas data, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi.

Temuan penelitian ini adalah: 1) model pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep. Model ADIS memberikan pencapaian keterampilan argumentasi yang lebih tinggi 12,59% daripada ADI dan 19,93% daripada Konvensional. Pencapaian keterampilan berpikir kritis dengan model ADIS sama dengan ADI, namun lebih tinggi 8,35% dan 11,68% daripada Konvensional. Pencapaian pemahaman konsep dengan model ADIS sama dengan ADI, namun lebih tinggi 11,37% dan 13,94% daripada Konvensional; 2) kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep. Pencapaian keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep mahasiswa  berkemampuan akademik atas lebih tinggi 6,85% dan 7,69% daripada bawah. Namun, tidak terdapat perbedaan keterampilan argumentasi antara mahasiswa berkemampuan akademik atas dan bawah; 3) tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan argumentasi, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep; 4) tidak terdapat hubungan antara keterampilan argumentasi dengan berpikir kritis mahasiswa pada model pembelajaran ADI, ADIS, dan Konvensional; 5) tidak terdapat hubungan antara keterampilan argumentasi dengan pemahaman konsep mahasiswa pada model pembelajaran ADI, ADIS, dan Konvensional; 6) terdapat hubungan antara berpikir kritis dengan pemahaman konsep mahasiswa pada model pembelajaran ADI, ADIS, dan Konvensional.

Model pembelajaran Argument-Driven Inquiry dengan Scaffolding (ADIS) terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi, keerampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep mahasiswa berkemampuan akademik atas maupun bawah. Oleh karena itu, direkomendasikan kepada: 1) seluruh sivitas akademika di PT, agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi pengembangan ilmu pendidikan khususnya Pendidikan Biologi tentang model pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan argumentasi, memberdayakan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa; 2) dosen pengampu mata kuliah Biologi Dasar, agar lebih memilih dan menggunakan model pembelajaran ADIS dalam perkuliahan, atau sedapat mungkin dosen lain dapat menjadikannya sebagai acuan dalam penyusunan perangkat perkuliahan pada mata kuliah lainnya; 3) peneliti lainnya, untuk melaksanakan penelitian lanjutan dalam rangka pengujian yang diperluas pada berbagai bidang ilmu dan jenjang pendidikan (SD, SMP, dan SMA) serta melibatkan subjek penelitian yang lebih banyak. Dengan demikian, diharapkan dapat menjadi bidang penelitian baru yang akan menyempurnakan model pembelajaran ADIS sehingga menjadi lebih handal dan teruji.

 

ABSTRACT

Hasnunidah, Neni. 2016. The Effect of Argument-Driven Inquiry withScaffolding and Academic Ability on Argumentation Skills, CriticalThinking Skills, and Understanding the Concept of Basic Biology ofStudents in Department of Natural Science and Mathematics Education,University of Lampung. Dissertation, Biological Education Course, StateUniversity of Malang. Promotor: Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D.Co-promotor I: Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S. Co-Promotor II:Dr. Hadi Suwono, M.Si.

 

Key word: argument-driven inquiry, scaffolding, argumentation skills, criticalthinking skills, understanding of concept.

The quality of education in Indonesia require to be improved in order tofacing emulation in global competition. Preparation of human resources with highquality in College represent key factor go to progress of society or nation.Learning models is one of the important aspect which require to continue to beimproved. Lecturer still dominate lectures Basic Biology in Department ofNatural Science and Mathematics Education of Lampung University. Thiscondition leads to less optimal lectures in developing argumentatif discourse andempowering of critical thinking skills, so understanding the concepts tends to below. Necessary repairs lecture through Argument-Driven Inquiry (ADI) withScaffolding. ADI with Scaffolding (ADIS) is a modification of the use of ADIwith guidance arguments hierarchical from the class, groups and individuals thatbegins with their standpoint at every level. ADIS allows students to construct theirown knowledge through active involvement in inquiry, argumentation, writing,and reviewing in the class, group, and individuals stages. So that more studentscan understand the concepts, improve critical thinking, and arguing actively. Thisresearch aimed to investigate the effect of Argument-Driven Inquiry withScaffolding and academic ability to argumentation skills, critical thinking skills,and understanding of the concept of Basic Biology students in DepartmentPMIPA Lampung University.

The study had been carried out in Quasi-Experiment of Pretest-PosttestNonequivalent Control Group design at first semester in academic year2014/2015. Treatment unit used is 3 x 2 factorial with the learning models ADI,ADIS, and Conventional as independent variable. Moderator variabel is academicability, that is upper academic ability and lower academic ability. As dependentvariable is the argumentation skills, ciitical think skills, and understanding ofconcept. The population in this study were all students taking courses in theDepartment of Basic Biology PMIPA Unila. Determining class sample usingcluster random sampling technique on the Biology, Chemistry, Mathematics andPhysics course. Each learning models (ADI, ADIS, and Conventional) representedby two class. The sixth class of experiments is homogen based on grouping dataderived from the value of the UN and placement test scores. Data collectingconducted by using the following instrument: a test of argumentation skills,critical thinking skills, and understanding of the concept; the argumentationobservation sheet and transcription of audio-visual recording; observation sheet ofimplementation of the syntax of learning; and the questionnaire of studentsresponses. The data of the study were in form of pretest and posttest scores whichwere tested statistically by using MANCOVA with significant value 5%. If it wasfound any significant learning outcomes between the groups, the data were testedby using Least Significant Difference (LSD) test. Before the data analysisconducted by using MANCOVA, the assumption test were done, includingnormality testing of One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test and homogeneitytesting of Levene’s Test The Equality of Error Variance. Regression analysis wasused to test the correlation between three dependent variables. The assumptiontest of regresssion analysis including normality, multicollinearity,heteroscedasticity, and autocorellation testing.

The findings of this research are: 1) the effect of learning modeles aresignificant on the argumentation skills, critical thinking skills, and understandingof the concept. Model ADIS provide argumentation skills attainment higher thanthe ADI 12.59% and 19.93% than the conventional. Achievement of the criticalthinking skills in ADIS not different with ADI, but 8.35% and 11.68% higher thanthe conventional group. Achievement of understanding of the concept in ADI notdifferent with ADIS, but 11.37% and 13.94% higher than the conventionallearning model; 2) the effect of academic ability are significant on the theargumentation skills, critical thinking skills, and understanding of concept.Attainment of critical thinking skills and understanding of the concept of studentswith upper academic ability 6,85 & higher than student with lower academicability. However, there are no difference of argumentation skills between studentwith upper and lower academic ability; 3) the interaction effect of learning modelsand academic ability is not significant on the argumentation skills, criticalthinking skills, and understanding of the concept; 4) the correlation betweenargumentation and critical thinking skills of students is not significant in the ADI,ADIS, and Conventional learning models; 5) the correlation betweenargumentation skills and understanding of the concept of students is notsignificant in the ADI, ADIS, and Conventional learning models; 6) thecorrelation critical thinking skills and understanding of the concept of students issignificant in the ADI, ADIS, and Conventional learning models.

Argument-Driven Inquiry with Scaffolding (ADIS) learning modelsproved effective in developing the argumentation skills, empowering criticalthinking skills, and improve understanding of the concepts of students with upperand lower academic ability. It is therefore recommended to: 1) the entire of civitasacademica in the University, that the results of this study can be used as referencematerial for the development of science education, especially biological educationon modeles that are able to developing the argumentation skills, empoweringcritical thinking skills, and improve understanding of the concepts of students; 2)The lecturer of the Basic Biology course, to more selecting and using the ADISmodels, or other lecturers can make it as a reference in the preparation of theinstructional materials on the other subjects; 3) other researchers, to conductingthe further research that investigate ADIS learning models in various fields ofscience and education (elementary, junior and high school) and involve moreresearch subjects. Thus, it is expected to become a new field of research that willenhance ADIS learning model so that it becomes more reliable and tested.