DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Siswa Kelas V SDN Singojoyo Kabupaten Purworejo

INDAH PUSPITA NINGRUM

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningrum, Indah Puspita. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Siswa Kelas V SDN Singojoyo Kabupaten Purworejo. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Subanji, M.Si., (2) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd, M.A.

 

Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, realistic mathematics education, skala.

Pembelajaran matematika di sekolah dasar hendaknya memanfaatkan pengalaman anak sebagai sumber belajar di kelas agar pembelajaran menjadi bermakna. Realistic mathematics education merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan pengalaman anak dengan konsep matematika. Buku ajar matematika seharusnya menyajikan permasalahan sesuai konteks lingkungan siswa dan menyajikan kegiatan siswa untuk menemukan konsep matematika. Buku ajar yang ada kurang memuat masalah nyata yang langkah penyelesaiannya dapat menuntun siswa menemukan kembali konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis realistic mathematics education pada materi skala yang valid, praktis, dan efektif. Karakteristik realistic mathematics education yang termuat dalam buku ajar, meliputi: 1) use of context, 2) use of models, 3) student contribution, 4) interactivity, dan 5) intertwining.

Pengembangan bahan ajar ini mengadopsi model pengembangan 4D Thiagarajan yang dimodifikasi 3 tahap. Tahapan pengembangan model 4-D yang dilakukan meliputi: 1) define (pedefinisan), 2) design (perancangan), dan 3) develop (pengembangan). Tahap desseminate tidak dilakukan. Tahap develop terdiri dari validasi ahli dan uji coba produk. Pada tahap validasi, produk pengembangan berupa buku ajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran divalidasi oleh validator ahli dan praktisi sebelum diujicobakan. Setelah divalidasi, buku ajar direvisi dengan mempertimbangkan saran dan komentar validator. Kepraktisan dan keefektifan buku ajar dinilai saat uji coba lapangan. Kepraktisan diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Keefektifan buku ajar diperoleh melalui tes hasil belajar dan respon siswa.

Pengembangan ini menghasilkan buku ajar yang valid berdasarkan penilaian dua validator dengan skor 3,22. Buku ajar kemudian diujicobakan kepada siswa kelas VA SD Negeri Singojoyo Kabupaten Purworejo untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan buku ajar. Hasil ujicoba menunjukkan aktivitas guru dan siswa berada pada kategori aktif dengan persentase 81,7% dan 81,6% sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan praktis. Berdasarkan tes hasil belajar, diperoleh data bahwa dari 25 siswa sebanyak 22 siswa mendapat nilai diatas 70 dan sebanyak 3 siswa mendapat nilai kurang dari 70. Dari data tersebut diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88%. Respon siswa positif dengan rerata skor 3,55. Berdasarkan data tes hasil belajar dan respon siswa diperoleh kesimpulan bahwa buku ajar yang dikembangkan efektif.