DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK BERBASIS SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS II SDN BENDOGERIT I KOTA BLITAR

ERMAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Erma Wati. 2016. Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbasis Saintifik Sub Tema Hidup Besih dan Sehat di Sekolah Untuk Siswa Kelas II SDN Bendogerit I Kota Blitar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr Cholis Sha'dijah, M. Pd, M.A., (2) Dr. Subanji, M.Si.

 

Kata Kunci : Pengembangan buku ajar, pembelajaran tematik, pendekatan saintifik.

Berdasarkan hasil wawancara guru, siswa dan analisis buku diperoleh hasil bahwa dalam pembelajaran guru dan siswa hanya menggunakan buku ajar bantuan dari pemerintah, padahal kegiatan pembelajaran yang ada pada buku ajar tersebut hanya sedikit dan kurang bervariasi. Pendekatan saintifik yang merupakan ciri khas pada Kurikulum 2013 juga belum nampak pada buku ajar. Untuk itulah guru dan siswa membutuhkan buku ajar yang dapat memberikan alternatif kegiatan yang lebih bervariasi, bermakna serta dapat menopang pembelajaran saintifik.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dan hasil uji coba pengembangan buku ajar pada pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik untuk siswa kelas II SD pada Sub tema Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah mengunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Penelitian ini dilakukan  dengan tahap define, design dan develop saja karena produk buku ajar yang dikembangkan terbatas pada siswa kelas II SDN Bendogerit I Kota Blitar. Data yang diperoleh pada pengembangan buku ajar berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif  berupa komentar, tanggapan dan saran yang berasal dari validator, observer dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari nilai yang berasal dari validator, observer, angket respon siswa dan hasil tes penguasaan bahan ajar.

Hasil penelitian dan pengembangan berupa buku ajar telah memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian dua validator dengan skor rata-rata 3,3. Observasi yang dilaksanakan pada saat uji lapangan mendapatkan skor untuk observasi aktivitas guru sebesar 81% dan aktivitas siswa sebesar 81%, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk buku ajar telah memenuhi unsur kepraktisan dan dapat digunakan untuk menopang pembelajaran saintifik. Berdasarkan nilai rata-rata kelas dari hasil tes penguasaan bahan ajar diperoleh skor untuk muatan Bahasa Indonesia yaitu 79,  muatan PKn yaitu 81 dan muatan Matematika yaitu 80. Dari hasil rata-rata setiap muatan pembelajaran menyatakan skor yang berada di atas nilai KKM yang telah ditentukan. Respon siswa menunjukkan respon positif dalam penggunaan buku ajar dengan skor yang dihasilkan 3,3. Berdasarkan data tes hasil penguasan bahan ajar dan respon siswa diperoleh kesimpulan bahwa buku ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan.