DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan (studi pada ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah Turen-Malang-Jawa Timur)

Novita Rifaul Kirom

Abstrak


ABSTRAK

 

Kirom, Novita Rifaul. 2016. Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap KepuasanWisatawan (Studi pada Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir RohmahTuran-Malang-Jawa Timur). Tesis, Jurusan Manajeman, Pascasarjana,Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si,(II) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si

 

Kata Kunci: minat wisata, wisata budaya, kepuasan wisatawan

Obyek wisata dan daya tarik wisata adalah suatu bentukan dan fasilitasyang berhubungan, yang dapat menarik wisatawan atau pengunjung untuk datangke suatu daerah atau tempat tertentu. Daya tarik yang belum dikembangkanmerupakan sumber daya yang potensial dan belum dapat disebut sebagai dayatarik wisata sampai adanya suatu perkebangan dari obyek tersebut. Tanpa adanyadaya tarik di suatu tempat maka untuk kepariwisataan tersendiri sulit untukdikembangkan. Faktor budaya menjadi salah satu hal yang dapat menarikwisatawan. Faktor budaya lahir dari warisan leluhur atau nenek moyang yangdikembangkan dan dikenalkan oleh pewarisnya. Untuk memerkenalkan budayasebagai salah satu aspek dalam menarik minat wisatawan berkunjung maka harusada strategi untuk menjaga kebudayaan yang ada dari segi warisan budaya nyasendiri dan dari segi kompetitifnya. Hal ini selaras dengan pendapat Richards danWilson dalam Li (2014) bahwa daya tarik wisata budaya yang terlibat dalamlingkungan pasar yang sangat kompetitif karena dalam hal pengadaanya untukpasar pariwisata budaya semakin dibanjiri dengan daya tarik baru, rute budayadan pusat warisan dan di dalam hal permintaannya terdapat permintaan yang cepatberubah dari pelanggan.

Rumusan masalah penelitian: (1) Apakah budaya berpengaruh secara positifsignifikan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke Ponpes Biharubahri asali fadhoilir rohmah? (2) Apakah keunikan berpengaruh secara positifsignifikan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke Ponpes Biharubahri asali fadhoilir rohmah? (3) Apakah promosi berpengaruh secara positifsignifikan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke Ponpes Biharubahri asali fadhoilir rohmah? (4) Apakah keramahtamhan berpengaruh secarapositif signifikan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke PonpesBiharu bahri asali fadhoilir rohmah? (5) Apakah biaya berpengaruh secara positifsignifikan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung ke Ponpes Biharubahri asali fadhoilir rohmah? (6) Apakah daya tarik wisata yang terdiri daribudaya, keunikan, promosi, keramahtamahan, dan biaya berpengaruh secarapositif sinifikan secara simultan terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjungke ponpes biharu bahri asali fadoilir rohmah?

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatankuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis regresiberganda yaitu hubungan secara linear antara dua atau lebih variabel independen(X1, X2,….Xn) dengan variabel dependen (Y). Analisis ini untuk mengetahui arahhubungan antara variabel independen dengan variabel dependen apakah masingmasing variabel independen berhubungan positif atau negatif dan untukmemprediksi nilai dari variabel dependen apabila nilai variabel independenmengalami kenaikan atau penurunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)ada 6 faktor yang dipertimbangkan wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisatabiharu bahri asali fadhoilir rohmah yaitu faktor budaya, keunikan, promosi,keramahtamahan, biaya dan kualitas layanan. Dari hasil pembahasan (1) Terdapatpengaruh positif dan signifikan budaya terhadap kepuasan konsumen. Hal iniberarti bahwa budaya memiliki pengaruh baik terhadap kepuasan wisatawan saatberkunjung ke obyek wisata budaya Ponpes Biharu Bahri Asali FadhoilirRohmah. Hal tersebut dibuktikan dengan jawaban dari responden yangmemberikan jawaban setuju pada item-item pernyataan yang diajukan. (2) Tidakterdapat pengaruh positif dan signifikan keunikan terhadap kepuasan konsumen.

Hal ini berarti bahwa keunikan tidak memiliki pengaruh baik terhadap kepuasanwisatawan saat berkunjung ke obyek wisata budaya Ponpes Biharu Bahri AsaliFadhoilir Rohmah. (3) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan promositerhadap kepuasan konsumen. Hal ini berarti bahwa promosi tidak memilikipengaruh baik terhadap kepuasan wisatawan saat berkunjung ke obyek wisatabudaya Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah. (4) Terdapat pengaruhpositif dan signifikan keramahamahan terhadap kepuasan konsumen. Hal iniberarti bahwa keramahtamahan memiliki pengaruh baik terhadap kepuasanwisatawan saat berkunjung ke obyek wisata budaya Ponpes Biharu Bahri AsaliFadhoilir Rohmah. Hal tersebut dibuktikan dengan jawaban dari responden yangmemberikan jawaban setuju pada item-item pernyataan yang diajukan. (5)Terdapat pengaruh positif dan signifikan biaya terhadap kepuasan konsumen. Halini berarti bahwa budaya memiliki pengaruh baik terhadap kepuasan wisatawansaat berkunjung ke obyek wisata biaya Ponpes Biharu Bahri Asali FadhoilirRohmah. Hal tersebut dibuktikan dengan jawaban dari responden yangmemberikan jawaban setuju pada item-item pernyataan yang diajukan. (6) Dayatarik wisata berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasanwisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata, hal ini dibuktikan dari hasil SPSSyaitu mempunyai pengaruh 58,6%. Dan pengaruh simultannya diketahui bahwanilai signifkansi f 0,000 <  0,05 pengujian ini menunjukkan bahwa Ho ditolaksehingga dapat disimpulan bahwa daya tarik wisata berpengaruh dan signifikanterhadap kepuasan wisatawan.

Dari paparan diatas peneliti menyarankan: (1) Bagi pengelola obyek wisatabudaya ponpes biharu bahri asali fadhoilir rohmah diharapkan bisa menjadipertimbangan dalam meningkatkan fitur yang diberikan seperti kartu masuk dankeluar obyek wisata dan juga pemandu wisata, meningkatkan promosi obyekwisata, meberikan informasi yang lebih detail kepada wisatawan tentang sejarah,petunjuk perjalanan pariwisata dapat juga dengan menambahkan flow chart ataudenah obyek wisata, dan juga memberi informasi tentang penginapan untukwisatawan yang bermalam di sekitar area obyek wisata, dan pada kualitas layananperlu ditingkatkan dengan memberikan 3S (senyum, salam, sapa) kepadawisatawan. (2) Bagi wisatawan diharapkan dapat menjadi pertimbangan berwisatabersama dengan keluarga, tetangga maupun kelompok tertentu khususnyaberwisata pada obyek wisata budaya yang berada di Jawa timur. (3) Bagi penelitiselanjutnya, hasil penelitian ini untuk mengetahui pengaruh daya tarik berkunjungke obyek wisata budaya terhadap kepuasan wisatawan. Disarankan untuk penelitiselanjutnya dengan menambah atau mengurangi variabel penelitian.

 

ABSTRACT

Kirom, Novita Rifaul. 2016. The Effect Travel Attractions to Satisfaction Rating(Studies in Ponpes Biharu Asali Fadhoilir Rohmah Bahri Turan-Malang,East Java). Thesis, Department of management, Graduate School, StateUniversity of Malang. Supervisor (I) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si, (II) Dr.I Wayan Jaman Adi Putra, M.Si

 

Keywords: interest, cultural tours, tourist satisfaction

Sights and tourist attraction is a formation and associated facilities, whichcan attract tourists or visitors to come to an area or specific place. The appeal ofundeveloped is a potential resource and can not be called as a tourist attraction tothe existence of a perkebangan of the object. Without the attraction somewherethen to separate tourism is difficult to develop. Cultural factors be one of thethings that can attract tourists. Factors culture born of a heritage or ancestors whodeveloped and introduced by the beneficiary. For introducing the culture as oneaspect in attracting tourists to visit then there must be a strategy to keep theculture in terms of its own cultural heritage and competitive terms. This isconsistent with the opinion of Richards and Wilson in Li (2014) that the culturalattractions that are involved in the market environment is very competitivebecause in terms pengadaanya to market cultural tourism is getting flooded withnew appeal, the culture and the heritage center and in the case demand are rapidlychanging demands of customers.

The research problems: (1) Is the culture a significant positive effect onsatisfaction of tourists to visit the Ponpes Biharu bahri default fadhoilir Rohmah?(2) What is unique about significant positive effect on satisfaction of tourists tovisit the Ponpes Biharu bahri default fadhoilir Rohmah? (3) Is the promotion of asignificant positive effect on satisfaction of tourists to visit the Ponpes Biharubahri default fadhoilir Rohmah? (4) Do keramahtamhan significant positive effecton satisfaction of tourists to visit the Ponpes Biharu bahri default fadhoilirRohmah? (5) Is the cost of a significant positive effect on satisfaction of touriststo visit the Ponpes Biharu bahri default fadhoilir Rohmah? (6) Whether a touristattraction consisting of culture, uniqueness, promotional, hospitality, andpositively influence the cost of sinifikan simultaneously to the satisfaction oftourists to visit ponpes biharu bahri default fadoilir Rohmah?

This type of research is ex post facto research with a quantitative approachusing multiple regression analysis. Multiple regression analysis is a linearrelationship between two or more independent variables (X1, X2, ... .Xn) with thedependent variable (Y). This analysis to determine the direction of the relationshipbetween independent variables and the dependent variable whether eachindependent variable associated positive or negative, and to predict the value ofthe dependent variable when the independent variables increase or decrease. Theresults showed that (1) there are six factors that are considered tourists to visit thetourist attraction biharu bahri default fadhoilir Rohmah that cultural factors,uniqueness, promotional, hospitality, costs and quality of service. From thediscussion (1) There is a positive and significant influence of culture on customersatisfaction. This means that the culture has a good influence on the satisfaction oftourists while visiting the cultural sights Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir

Rohmah. This is evidenced by the answers of respondents who gave answers toagree on those items proposed statement. (2) There is no positive and significantimpact on customer satisfaction uniqueness. This means that the uniqueness doesnot have a good influence on the satisfaction of tourists while visiting the culturalsights Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah. (3) There is a positive and

significant effect of promotions on consumer satisfaction. This means that the saledid not have a good effect on tourist satisfaction while visiting the cultural sightsPonpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah. (4) There is a positive andsignificant impact on customer satisfaction keramahamahan. This means thathospitality has a good influence on the satisfaction of tourists while visiting thecultural sights Ponpes Biharu Bahri Asali Fadhoilir Rohmah. This is evidenced bythe answers of respondents who gave answers to agree on those items proposedstatement. (5) There is a positive and significant impact on the cost of consumersatisfaction. This means that the culture has a good influence on touristsatisfaction during a visit to a tourist attraction Ponpes costs Biharu Bahri AsaliFadhoilir Rohmah. This is evidenced by the answers of respondents who gaveanswers to agree on those items proposed statement. (6) tourist attraction and asignificant positive effect simultaneously to satisfaction of tourists to visit thetourist attraction, it is evident from the results that have influence SPSS 58.6%.And the influence of simultannya note that the value signifkansi 0,000 f  < 0.05 thistest indicates that Ho is rejected so that it can be concluded that the touristattraction and a significant impact on tourist satisfaction.

From exposure to the above researchers suggest: (1) For the managementof cultural tourism ponpes biharu bahri default fadhoilir Rohmah expected to be aconsideration in improving the features provided such as a card in and out touristattraction and also a tour guide, increasing the promotion of tourism, not givemore information detail to tourists about the history, traveling directions oftourism can also add flow chart or plan a tourist attraction, and also provideinformation about lodging for tourists who spent the night around the area oftourism, and on the quality of service needs to be improved by providing 3S(smiles, greetings, sapa) to tourists. (2) For the traveler is expected to be aconsideration traveled with family, neighbors and certain groups in particulartraveled on cultural attractions located in eastern Java. (3) For further research, theresults of this study to determine the effect of the appeal of visiting cultural sightsof the tourist satisfaction. Suggested for further research to increase or decreasethe research variables.