DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Model Mental dan Penguasaan Konsep Siswa dengan Permasalahan Isomorfik pada Dinamika Gerak Rotasi

Nadhiratul Khasanah

Abstrak


Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa  dalam penyelesaian permasalahan isomorfik, mendeskripsikan model mental siswa ketika menyelesaikan permasalahan isomorfik, dan mengetahui hubungan antara kualitas model mental dan penguasaan konsep siswa dalam menyelesaikan permasalahan isomorfik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian mixed method dengan desain Embedded. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian pre-test dan post-test, observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian, terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa ketika menyelesaikan permasalahan isomorfik. Perbedaan yang signifikan secara statistik ditunjukkan oleh hasil p-value pada uji Paired Sample Test. Jawaban siswa dianalisis secara kualitatif dan diperoleh hasil siswa dengan kategori Penguasaan Konsep Tinggi (PKT), Penguasaan Konsep Sedang (PKS), dan Penguasaan Konsep Rendah (PKR). Model mental siswa mencakup pola-pola jawaban siswa yang terdapat miskonsepsi dalam materi momen gaya, momentum sudut dan momen inersia, perubahan model mental siswa terhadap soal isomorfik dengan representasi verbal dan gambar, perubahan model mental dari pre-test, kuis, dan post-test yang menunjukkan bahwa model mental mengalami perkembangan sesuai dengan informasi yang diperoleh. Berdasarkan pola jawaban siswa dikodekan menjadi tiga tipe kualitas model mental yaitu High Mental Model (HMM), Moderat Mental Model (MMM), dan Low Mental Model (LMM). Hasil penelitian, tidak terdapat hubungan antara kualitas model mental dengan penguasaan konsep siswa ketika pre-test dan terdapat hubungan antara kualitas model mental dengan penguasaan konsep siswa ketika post-test yang ditunjukkan oleh hasil analisis Spearman Rank.

Kata Kunci: Model mental, penguasaan konsep, permasalahan isomorfik