DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Hasil Belajar IPS Siswa

Nur Arif MS

Abstrak


ABSTRAK

 

Nur Arif MS, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dan Two Stay Two Stray untuk Meningkatan Self Efficacy dan Hasil Belajar IPS Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed.,M.Si, (2) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd.

 

Kata kunci: carousel feedback, two stay two stray, self efficacy, hasil belajar

Hasil observasi di kelas V SDN Mamajang II Kota Makassar terhadap pembelajaran IPS menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa kurang berinteraksi dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Kurangnya keberanian siswa untuk bertanya, berpendapat, dan keyakinan diri. Siswa kurang yakin dalam mengerjakan tugas, sehingga dalam menyelesaikan tugas tersebut siswa melihat pekerjaan temannya. Ketuntasan hasil belajar IPS siswa pada ulangan tengah semester I tahun pelajaran 2015/2016 menunjukkan bahwa 32,14% atau 9 dari 28 siswa yang mencapai KKM yang ditetapkan.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pelaksanaan model pembelajaran carousel feedback dan two stay two stray, peningkatan self efficacy dan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN Mamajang II Kota Makassar.

Hasil penelitian sebagai berikut: 1) hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran pada siklus I yaitu kriteria efektif dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu kriteria sangat efektif, 2) hasil angket self efficacy pada siklus I yaitu kriteria cukup yang mengalami peningkatan pada siklus II menjadi kriteria sangat baik, dan 3) hasil belajar siswa siklus I pada kriteria belum tuntas yang mengalami peningkatan pada siklus II yaitu kriteria tuntas.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran carousel feedback dan two stay two stray dapat meningkatkan self efficacy dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Mamajang II Kota Makassar. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyarankan: 1) pada saat pembelajaran guru harus menjelaskan secara rinci langkah-langkah model pembelajaran dan mengamati proses pembelajaran secara maksimal, 2) guru harus lebih aktif dan kreatif dalam menerapkan model pembelajaran dengan memberikan peran dan penghargaan kepada siswa sehingga mereka dapat terlibat aktif dalam pembelajaran, 3) guru harus mampu memberikan motivasi dan bimbingan pada siswa agar mereka berani menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapatnya, 4) penerapan model pembelajaran carousel feedback dan two stay two stray membutuhkan perencanaan, pengelolaan kelas, dan waktu yang baik sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif karena model pembelajaran ini melibatkan siswa secara aktif, dan 5) guru dapat menjadikan model pembelajaran carousel feedback dan two stay two stray sebagai pilihan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan self efficacy dan hasil belajar IPS siswa.