DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Joyful Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Lengkukai Tanggamus Lampung

Agung Mulyadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Mulyadi, Agung. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Joyful Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Lengkukai Tanggamus Lampung. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd, M.A., (II) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd.

 

Permasalahan yang terjadi di kelas V SD Negeri 2 Lengkukai yaitu rendahnya motivasi siswa untuk belajar dan rendahnya hasil belajar siswa pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan joyful learning di kelas V SD Negeri 2 Lengkukai materi pecahan, 2) meningkatkan motivasi belajar siswa dan 3) meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas V SD Negeri 2 Lengkukai.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Peran peneliti sebagai perancang tindakan, sedangkan yang melaksanakan tindakan yaitu guru kelas V SD Negeri 2 Lengkukai. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 2 Lengkukai berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan tes.

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan joyful learning yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu: 1) guru bercerita tentang cerita motivasi awal kegiatan pembelajaran, 2) melakukan gerakan brain gym, 3) membagi siswa menjadi 4 kelompok heterogen, 4) presentasi kelas, 5) siswa bekerja dalam kelompok dengan LKS diiringi musik klasik, 6) melakukan gerakan ice breaking disela-sela diskusi kelompok, 7) siswa mengerjakan kuis individu, 8) rekognisi tim atau pemberian penghargaan, 9) cerita motivasi akhir pembelajaran.

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan joyful learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa meningkat berdasarkan dari hasil angket motivasi sebelum tindakan siklus I, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Peningkatan motivasi siswa setelah menerapkan pembelajaran tipe STAD dengan joyful learning mencapai 17% dari motivasi siswa tindakan pra siklus. Persentase nilai motivasi pra siklus sebesar 63,69%, sedangkan persentase nilai motivasi siklus I sebesar 80,69%. Persentase nilai motivasi siklus II meningkat mencapai 2,17% dari siklus I yaitu sebesar 82,86%. Hasil belajar siswa meningkat ditandai dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 80% siswa tuntas KKM. Berdasarkan persentase hasil belajar siklus I dengan materi pembelajaran “penjumlahan pecahan”, terdapat 16 siswa tuntas KKM. Ketuntasan belajar siswa meningkat di siklus II mencapai  15% dari ketuntasan belajar siklus I. Persentase ketuntasan belajar klasikal siklus II sebesar 95%. Artinya, terdapat 19 siswa tuntas KKM dan hanya ada 1 siswa yang belum tuntas KKM dengan materi pembelajaran “pengurangan pecahan”.