DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah (Studi Multi Kasus pada SD Negeri Kejambon 2 dan SDIT Usamah Kota Tegal).

Novi Maulidiyati

Abstrak


ABSTRAK

 

Maulidiyati, Novi. 2016. Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah (Studi Multi Kasus pada SD Negeri Kejambon 2 dan SDIT Usamah Kota Tegal). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd.; (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd.

 

Kata Kunci: manajemen, hubungan sekolah dengan masyarakat, mutu pendidikan

Hubungan sekolah dengan masyarakat mempunyai peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah, karena masyarakat adalah stakeholders pendidikan yang memiliki kepentingan akan keberhasilan pendidikan di sekolah dan sekolah akan dapat memerankan fungsinya dengan maksimal apabila didukung oleh semua komponen yang bertanggungjawab dalam menyelenggarakan pendidikan, yaitu keluarga, pemerintah, dan masyarakat. Melalui keterlibatan masyarakat, maka kegiatan operasional, kinerja, dan produktivitas sekolah diharapkan dapat terbantu. Peran serta, dukungan, dan simpati masyarakat terhadap peningkatan mutu pendidikan akan maksimal apabila sekolah secara proaktif dan kreatif mengembangkan hubungan kerjasama yang harmonis dan sinergis dengan masyarakat melalui manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menguraikan perencanaan hubungan sekolah dengan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan; (2) menguraikan pengorganisasian hubungan sekolah dengan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan; (3) menguraikan pelaksanaan hubungan sekolah dengan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan; dan (4) menguraikan evaluasi hubungan sekolah dengan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Kejambon 2 dan SDIT Usamah Kota Tegal.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Data dalam penelitian ini didapat melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dibagi dalam dua tahap, yakni analisis data individu dan analisis data lintas kasus.

Hasil temuan lintas kasus menunjukan: (1) perencanaan program/kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah  melibatkan seluruh personil termasuk orang tua murid, komite sekolah, dan masyarakat. Jika masyarakat tidak dilibatkan dalam proses perencanaan, maka sekolah harus tetap mensosialisasikan program/kegiatan yang telah diputuskan; (2) proses pengorganisasian hubungan sekolah dengan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah dengan  menunjuk guru yang kompeten sesuai dengan jumlah SDM yang ada untuk  mengkoordinir kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat dan untuk kegiatan tertentu, dibentuk tim khusus yag beranggotakan guru dan perwakilan orang tua murid maupun masyarakat; (3) untuk pelaksanaan hubungan sekolah dengan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah, kepala sekolah melakukan berbagai cara, seperti memberikan contoh teladan yang baik, selalu memberi pengarahan dan motivasi, memberi bonus ekstra di luar gaji, memberi kesempatan kepada para staf untuk lebih mengembangkan kompetensinya, dan bahkan di sekolah tertentu ada lebih banyak cara yang dilakukan, sedangkan untuk lebih memotivasi masyarakat, dengan berusaha terbuka dengan masyarakat dalam segala hal, terutama pendanaan atau dengan membuat berbagai program/kegiatan untuk mengakrabkan diri dengan masyarakat; dan (4) proses evaluasi hubungan sekolah dengan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah dilakukan bersama oleh pihak sekolah dan masyarakat, namun di sekolah tertentu evaluasi hanya dilakukan oleh pihak sekolah, pihak masyarakat hanya membantu proses evaluasi, misalnya dengan kuesioner, sedangkan kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan di sekolah, indikator evaluasi peningkatan mutu pendidikan di sekolah berdasarkan hubungan sekolah dengan masyarakat meliputi prestasi akademik dan non akademik, lulusan, penyelenggaraan kegiatan pembelajaran, kondisi sekolah, dan ada juga yang mengevaluasi pendidikan karakter (guru, murid, dan orang tua murid).

Saran-saran yang dapat dikemukakan oleh peneliti adalah: (1) bagi Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal, Kepala UPPD Kecamatan di Kota Tegal, dan para pengawas SD untuk menggunakan hasil penelitian ini sebagai pengetahuan tentang bagaimana seharusnya manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat yang ada di sekolah agar dapat dijadikan masukan dalam meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan kerjanya; (2) bagi kepala sekolah ada baiknya menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu bahan rujukan dalam mengelola hubungan sekolah dengan masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah; (3) bagi orang tua murid dan masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya kerjasama aktif dari orang tua murid dan masyarakat terhadap program-program/kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah guna peningkatan mutu pendidikan agar nantinya masyarakat menjadi lebih peduli terhadap mutu pendidikan di sekolah; dan (4) bagi peneliti lain agar dapat mempertimbangkan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi dalam melakukan penelitian pada kasus sejenis dengan latar yang berbeda agar dapat melakukan studi lebih lanjut tentang peranan atau pengaruh variable hubungan sekolah dengan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

 

ABSTRACT

 

Maulidiyati , Novi . 2016. Management of School Public Relations  to Improve Quality Education at School (Multi Case Study on SD Negeri Kejambon 2 and SDIT Usamh Kota Tega ). Thesis. Management of Education Management Program. Post-Graduate. State University of Malang. Supervisor: (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd.; (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng , M.Pd.

 

Keywords: management, school public relations, quality of education

The relationship of the school with the community have an important role in improving the quality of education in schools, because the society is education stakeholders who have an interest in the success of education in schools and the school will be able to portray its functions to the maximum if it is supported by all components in charge of education, the family, the government and society. Through community involvement, then the operations, performance, and productivity is expected to be assisted schools. Participation, support and public sympathy towards improving the quality of school education will be greatest if proactively and creatively develop relations harmonious cooperation and synergy with the community through the school community relationship management.

The purpose of this study was to: ( 1 ) describes the relationship of the school with the community planning in improving the quality of education; ( 2 ) outlines the organization of the relationship of the school with the community in improving the quality of education; ( 3 ) describe the implementation of relations with the public schools in improving the quality of education; and ( 4 ) describes the evaluation of the relationship of the school with the community in improving the quality of education in SDN Kejambon 2 and SDIT Usamah Kota Tegal.

This study used a qualitative descriptive approach with multi- case study design. Data was obtained through interviews, observation and documentation. Data analysis was divided into two phases, namely the analysis of individual data and data analysis across cases.

Cross-case findings indicate: (1) planning of program/activity relationship of the school with the community in improving the quality of education in schools involving all personnel, including parents, school committees and communities. If people are not involved in the planning process, then the school must still disseminating the program/activities that have been decided; (2) the process of organizing the relationship of the school with the community in improving the quality of education in schools to appoint teachers who are competent in accordance with the number of existing human resources to coordinate activities related to the community and for certain activities, formed a special team which comprised of teachers and representatives of parents and community; (3) for the implementation of the relationship of the school with the community in improving the quality of education in schools, principals perform a variety of ways, such as providing exemplary, always give direction and motivation, to give extra bonuses outside salaries, providing opportunities for staff to further develop competence, and even in certain schools there are more ways that do, while for the more motivated people, by trying to open to the public in all respects, particularly the funding or by making various programs/activities to familiarize themselves with the community; and (4) the process of evaluation of the relationship of the school with the community in improving the quality of education in schools conducted jointly by the school and community, but in particular school evaluation is conducted by the school, the community only helps the evaluation process, for example by questionnaire, while the context of rising the quality of education in schools, evaluation indicators improving the quality of education in schools based on the relationship of the school with the community include academic achievement and non-academic, graduate, organizing learning activities, school conditions, and there is also evaluating the character education (teachers, pupils, and parents).

The suggestions can be put forward by the researchers is: (1) to the Head of Education Office of Tegal, Chief UPPD District in Tegal, and the Primary Schools to use this research as knowledge about how should the relationship management of the school with the community in the schools that can be used as input in improving the quality of education in the work environment; (2) for the principals it helps make the results of this study as a reference material in managing relationships with the school community in improving the quality of education in schools; (3) for parents and the community to raise awareness about the importance of active cooperation of parents and the community for programs/ activities in schools in order to improve the quality of education so that the people become more concerned about the quality of education in schools; and (4) for other researchers to be able to consider these results as reference material in conducting research on similar cases with different background in order to conduct further study on the role or influence variable relationship with the school community in improving the quality of education in schools.