DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan model pembelajaran kooperatif make a match berbasis outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar IPS

Kurnianty .

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurnianty. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Outdoor Study Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS (Studi Pada Siswa SMPN 3 Mamuju Provinsi Sulawesi Barat). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar IPS. Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. UTAMI WIDIATI, M.A, Ph.D, (II) Prof. Dr. SUDARMIATIN, M.Si

 

Kata kunci: Make A Match, Aktivitas, Hasil Belajar IPS.

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match berbasis outdoor study pada mata pelajaran IPS dan meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa kelas VII.3 SMPN 3 Mamuju. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 30 siswa kelas VII.3. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan studi dokumentasi yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Penerapan model make a match berbasis outdoor study dilaksanakan dengan langkah-langkah: a) guru menyampaikan materi; b) siswa diajak ke lapangan/outdoor dan dibagi ke dalam dua bagian A dan B ; c) guru membagikan kartu pertanyaan ke A dan kartu jawaban ke B; d) guru meminta siswa untuk mencocokkan kartunya; e) guru meminta siswa untuk mencari pasangan kartunya; f) siswa yang tidak menemukan pasangan kartunya diminta untuk berkumpul; g) guru memanggil satu pasangan untuk presentasi; h) guru memberikan konfirmasi tentang kebenaran jawaban pasangan yang presentasi; i) guru memanggil pasangan berikutnya.

Hasil penelitian diperoleh keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada siklus I sebesar 75% dan meningkat menjadi 90,93% pada siklus II. Keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa diperoleh hasil sebesar 71,39% pada siklus I dan meningkat menjadi 89,72% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa SMPN 3 Mamuju juga semakin meningkat dengan perolehan hasil sebesar 78,40% pada siklus I dan 90,76% pada siklus II. Dengan menerapkan model make a match berbasis outdoor study juga dapat meningkatkan hasil belajar pada siklus I sebesar 73,33% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Selain itu ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran make a match berbasis outdoor study akan lebih efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bila siswa diberi reward atas keberhasilannya menemukan pasangan dengan tepat dan diberi hukuman bila salah dalam menemukan pasangan. Pada sisi lain, model pembelajaran make a match berbasis outdoor study membutuhkan waktu yang lama sehingga untuk mengefisienkan waktu dapat dilakukan dengan membagi siswa ke dalam dua bagian pada saat presentasi.