DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar matematika Berbasis Saintifik Pada Konsep Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar

Anto Hidayat

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayat, Anto. 2016. Pengembangan Buku Ajar matematika Berbasis Saintifik Pada Konsep Pecahan di Kelas Iv Sekolah Dasar. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Abdur Rahman As’ari, M.Pd, M.A., (II) Dr. H. Sulton, M.Pd.

 

Keywords: Mengembangkan, Berbasis saintifik, Konsep pecahan

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan bahan ajar matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis saintifik yang valid, praktis dan efektif pada materi konsep operasi hitung pecahan pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan 4D. Pengembangan terdiri dari tahap define, tahap Design, tahap Develop, dan Disseminate. 

Data penelitian terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran ahli dan subjek coba. Data kuantitatif berupa skor respons validasi ahli, rekapitulasi skor pengamatan aktivitas guru dan siswa, dan hasil tes sebelum dan sesudah penggunaan produk pengembangan. Instrumen penelitian pengembangan ini terdiri dari 1) Instrumen kevalidan, yakni lembar validasi ahli materi dan konstruksi bahan ajar, Lembar validasi soalpretest-posttest, dan lembar validasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), 2) Instrumen kepraktisan terdiri dari lembar pengamatan aktivitas siswa & guru, 3) Instrumen keefektifan terdiri dari soal tes daya serap atau uji kompetensi yang digunakan sebelum dan sesudah (before-after) penggunaan produk pengembangan. Data yang diperoleh digunakan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid atau layak digunakan dalam pembelajaran. Bahan ajar yang dinyatakan valid diantarnya, Buku Ajar Siswa yang dinyatakan valid dari aspek materi dan konstruksi bahan ajar dengan persentase validitas sebesar 77,5% dan 78%. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman guru memiliki persentase kevalidan sebesar 79,2% atau termasuk dalam kategori Valid. Untuk mengukur keefektifan bahan ajar digunakan tes daya serap/Uji Kompetensi dengan persentase sebesar 74,4% atau soal tes dinyatakan layak untuk digunakan.

Kepraktisan bahan ajar berbasis Saintifik yang mengacu pada pengamatan aktivitas guru dan siswa memiliki kategori sangat praktis. Persentase Kepraktisan (KPr) bahan ajar berdasarkan hasil pengamatan aktivis guru sebesar 83,1%. Sedangkan persentase kepraktisan (Kpr) bahan ajar berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa sebesar 82,75%. Hasilnya masing-masing berada pada rentang 80%-100% sehingga dapat dikategorikan sangat praktis. Efektivitas produk penelitian pengembangan ini diperoleh dari respons siswa dan guru sebesar 83,1% dan 82,75% masing-masing termasuk kategori efektif. Efektivitas bahan ajar berdasarkan hasil pretest-posttest menunjukkan hasil posttest lebih besar dibandingkan hasil pretest, sehingga bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan efektif.