DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak Program Resitasi Berbasis Komputer terhadap Perubahan Konseptual Mahasiswa pada Materi Hukum Newton

ida bagus rini jayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Jayanti, Ida Bagus Rini. 2016. Dampak Program Resitasi Berbasis Komputer terhadap Perubahan Konseptual Mahasiswa pada Materi Hukum Newton. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Wartono, M.Pd, (II) Dr. Sutopo, M.Si.

 

Kata Kunci: program resitasi, perubahan konseptual, hukum Newton.

Mahasiswa tahun pertama program studi pendidikan fisika Universitas Negeri Malang tahun akademik 2015/2016 masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan pada hukum Newton (N = 35). Kesulitan tersebut harus segera diatasi agar pemahaman konsep mahasiswa menjadi lebih baik, sehingga dapat menguasai konsep untuk menerapkannya dalam menyelesaikan permasalahan. Salah satu upaya untuk membantu terjadinya perubahan konseptual mahasiswa ke arah yang benar adalah dengan pemberian latihan soal-soal konseptual beserta umpan baliknya. Soal-soal terkait suatu konsep/prinsip sebaiknya dihadirkan dalam berbagai konteks dan format representasi agar mahasiswa memiliki wawasan yang luas untuk menyelesaikan permasalahan. Implementasi upaya tersebut akan menyita waktu yang cukup banyak, sehingga perlu dikemas berbasis komputer agar dapat digunakan di luar perkuliahan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini, antara lain (1) bagaimana penguasaan konsep mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan program resitasi, (2) bagaimana perubahan konseptual mahasiswa selama dan sesudah menggunakan program resitasi dan kebermanfaatan program terhadap perubahan konseptual tersebut, dan (3) apa saja kesulitan yang masih dialami mahasiswa setelah menggunakan program resitasi. Instrumen penelitian berupa tes konseptual pretes dan postes utama yang terdiri atas 23 soal pilihan ganda disertai alasan, program resitasi yang berisi tes konseptual sebanyak 32 soal pilihan ganda disertai alasan, rekaman think aloud, logbook, angket respon, dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan mixed method desain embedded experimental model dengan analisis data hasil penelitian secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep mahasiswa antara sebelum (32.8) dan sesudah (53.9) menggunakan program resitasi berbasis komputer dengan d-effect size sebesar 1.46 (kuat) dan N-gain sebesar 0.31 (sedang). Program resitasi mampu memperbaiki pemahaman konsep mahasiswa selama menggunakannya, dan setelah menggunakan program tersebut jumlah mahasiswa yang memiliki pemahaman mantap dan sebagian meningkat, serta jumlah mahasiswa yang mengalami miskonsepsi dan tidak paham menjadi berkurang. Kesulitan yang masih dialami mahasiswa setelah menggunakan program resitasi, antara lain (1) mengubah pemahaman verbal menjadi grafik, (2) menganalisis arah resultan gaya, (3) menjelaskan konsep gaya gesek.