DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di kelas awal sekolah dasar negeri grabag kabupaten magelang

mukhamad yusup setyadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyadi, M. Yusuf. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013 di Kelas Awal Sekolah Dasar Negeri 1 Grabag Kabupaten Magelang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M. Pd., (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M. Si., M. Ed.

 

Kata kunci: pembelajaran tematik, Kurikulum 2013, sekolah dasar

Pembelajaran tematik khususnya di kelas awal sudah diterapkan sejak tahun 2006 namun perubahan kurikulum dari 2006 menjadi 2013 menimbulkan permasalahan. Berbagai masalah yang ada dalam penerapan Kurikulum 2013 dan masukan dari tim evaluasi, pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah yang baru menerapkan satu semester dihentikan dan sekolah-sekolah yang telah menerapkan selama tiga semester akan dijadikan sekolah pengembangan dan percontohan penerapan Kurikulum 2013. Sekolah Dasar Negeri 1 Grabag merupakan salah satu dari sepuluh sekolah pengembangan dan percontohan yang menerapkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik di kelas awal SDN 1 Grabag yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan kendala yang dihadapi serta implikasinya terhadap peserta didik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mencapai tujuan tersebut adalah pendekatan kualitatif dangan jenis studi kasus. Subyek penelitian adalah pendidik kelas 1 dan 2 SDN 1 Grabag Kabupaten Magelang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumen. Data dianalisis menggunakan teknik interaktif model yang dikembangkan oleh Miles & Huberman.Untuk memperoleh data yang valid digunakan teknik truangulasi.

Hasil penelitian ini adalah Implementasi pembelajaran tematik di kelas awal Sekolah Dasar Negeri 1 Grabag berlangsung dengan baik dengan beberapa kendala yang dialami dan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Secara rinci implementasi  pembelajaran tematik adalah sebagai berikut: 1) perencanaan pembelajaran tematik yang terwujud dalam RPP sudah disusun berdasarkan aturan yang berlaku; 2) pembelajaran di kelas awal dilaksanakan secara tematik terpadu dengan berbagai metode yang melibatkan beragam media dan mengakomodasi pendekatan saintifik sehingga melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran; 3) penilaian hasil belajar peserta didik dilaksanakan secara holistik meliputi kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan melibatkan kerjasama dengan guru matapelajaran dan wali murid sehingga menghasilkan penilaian yang autentik dan akuntabel; 4) hambatan  paling menonjol yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran tematik adalah rumitnya proses penilaian; 5) implikasi penerapan pembelajaran tematik di kelas awal meliputi terdapatnya peningkatan motivasi, aktifitas dan hasil belajar peserta didik.