DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Adrian, Yudha. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division

YUDHA ADRIAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Adrian, Yudha. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student TeamAchievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar IPS dan RetensiSiswa Kelas V SDN Kelayan Barat 3 Banjarmasin. Tesis. PascasarjanaProgram Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya,M.Si.

 

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif STAD, hasil belajar, retensi.

Model pembelajaran kooperatif STAD merupakan model pembelajaranyang mengorganisasikan siswanya ke dalam kelompok-kelompok kecil gunamenyelesaikan permasalahan pembelajaran. Siswa diberikan kuis untukmengetahui pemahaman tentang materi dan hasil akumulasi skor siswa secaraindividu tersebut dijadikan skor kelompok. Kelompok yang mendapat skortertinggi mendapatkan penghargaan. Model pembelajaran kooperatif STADberpotensi untuk memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar dan retensisiswa. Hal ini sudah dibuktikan secara empiris melalui penelitian terdahulu danrelevan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh modelpembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar IPS, (2) mengetahuipengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap retensi siswa kelas V.Subjek penelitian ini yaitu 21 siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan21 siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasieksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Instrumenpengumpulan data yaitu tes pilihan ganda terdiri atas 20 item. Analisis statistikpada penelitian ini menggunakan uji t independent berbantuan IBM SPSS 21.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan padahasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD denganyang tidak menggunakan STAD. Nilai p yang diperoleh sebesar 0.007 lebih kecildaripada taraf signifikansi (0.05), sehingga dapat disimpulkan bahwa adapengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar IPS siswakelas V. Kemudian, hasil uji beda t-test sampel bebas terhadap retensi siswamenunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada rata-rata hasil tes retensiyang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dengan yang tidakmenggunakan STAD. Nilai p yang diperoleh sebesar 0.037 lebih kecil daripadataraf signifikansi (0.05), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modelpembelajaran kooperatif STAD terhadap retensi siswa kelas V.

Oleh karena itu, penerapkan model pembelajaran kooperatif STADsebagai alternatif pembelajaran dan penguasaan langkah-langkahnya disarankanuntuk guru. Selain itu, perlu adanya pembiasaan bagi guru agar terlaksanasebagaimana mestinya. Untuk peneliti lanjutan, uji pengaruh model pembelajarankooperatif STAD terhadap variabel motivasi dan interaksi bermanfaat untukditeliti selanjutnya.

 

ABSTRACT

 

Adrian, Yudha. 2016. The Effect of STAD Cooperative Learning on Students’Achievement of Social Studies and Students’ Retention at the Fifth Gradeof SDN Kelayan Barat 3 Banjarmasin. Thesis. Elementary Education,Graduate Studies, the State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. INyoman Sudana Degeng, M.Pd, (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si.

 

Kata kunci: Cooperative learning STAD, students’ achievement, retention.

STAD as a cooperative learning model is the model of learning thatorganizes students into small groups to cope the instructional problems. Thestudents were given quiz to find out their comprehension and accumulation ofstudents’ scores individually which was accumulated to be groups’ scores. Thegroup who got the highest score would be given a reward. This STAD cooperativelearning is potential to give positive effect on the students’ achievement andretention. It has been proved empirically by previous relevant research.

The objectives of this study were (1) to investigate the effect of STADcooperative learning to the fifth grader students’ achievement of Social Studies.(2) to investigate the effect of STAD cooperative learning to the fifth graderstudents’ retention. This study was conducted at SDN Kelayan Barat 3Banjarmasin. The subjects were 21 student of the fifth grader students in VA classas the experimental group and 21 students in VB class as the control group. Thisstudy was a quasi-experimental with nonequivalent control group design. Theinstrument of study was a test with multiple choice items consisted of 20 items.The obtained data were analyzed by employing independent t-test using SPSS 21.

The results pointed out that there was significant difference on thestudents’ achievement taught using STAD cooperative learning than the studentswho were not taught using cooperative learning. The obtained p-value 0.007 wassmaller than the 0.05 level of significance. It was concluded that there was effectof STAD cooperative learning on the fifth grader students’ achievement. Then, theresults on students’ retention pointed out that there was significant difference onthe students’ retention taught using cooperative learning STAD and the studentswho were not taught by using STAD. The p-value 0.037 was smaller than the 0.05level of significance. It was concluded that there was effect of STAD cooperativelearning on the fifth grader students’ retention.

As a result, the implementation of STAD cooperative learning as analternative of learning and the mastery in the steps were suggested for teacher. Inaddition, the teacher need to accustom in using this model in order to make itworks. For future researchers, investigating the effect of STAD cooperativelearning on motivation variable and interaction is fruitful to be investigated.