DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

eningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Kalibamba Melalui Penerapan Pembelajaran Tipe Jigsaw II Berbantuan Media Puzzle

JUMARDIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Jumardin. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Kalibamba Melalui Penerapan Pembelajaran Tipe Jigsaw II Berbantuan Media Puzzle. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hariyono, M. Pd. (II)  Dr. Dedi Kuswandi, M. Si.

 

Kata Kunci :  Jigsaw II, Puzzle, Aktivitas, Hasil Belajar

Observasi awal pada siswa kelas V SDN Kalibamba ditemukan  permasalahan mengenai proses pembelajaran IPS yaitu: siswa terlihat pasif dalam menerima materi pelajaran, aktivitas siswa dalam kelompok masih sangat kurang, proses pembelajaran yang berorientasi pada pencapaian target untuk menyelesaikan bahan ajar tanpa memperhatikan tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, siswa yang berkemampuan lebih tinggi masih mendominasi kelompok sedangkan siswa yang lain hanya bertindak sebagai pendengar, siswa cenderung berbicara dengan teman sebangku dan malas-malasan pada saat guru menjelaskan materi pelajaran, tidak ada siswa yang berani bertanya apabila ada materi yang belum dipahami, apabila guru memberikan pertanyaan mengenai materi yang telah dijelaskan, hanya ada satu atau dua dari 16 siswa yang bisa dan berani menjawab, media dan alat bantu yang digunakan dalam proses pembelajaran IPS hanya buku teks dan papan tulis. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya aktivitas siswa dalam belajar dan berdampak pada hasil belajar

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research  yang dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus yang dilaksanakan terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan  refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalibamba Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Mamuju Utara, dengan subyek penelitian 16 siswa kelas V tahun pelajaran 2015/2016

 Hasil penelitian ini menunjukkan Bahwa: 1) pembelajaran dengan menggunakan Jigsaw II berbantuan media puzzle dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS. Hal ini terlihat pada peningkatan  aktivitas siswa dari siklus I  ke siklus II sebesar 27%, 2) penggunaan Jigsaw II berbantuan media puzzle dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini terlihat pada tes akhir siklus I nilai rata-rata 64,06  menjadi 72  pada tes akhir siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan kepada  guru  : 1) menggunakan pembelajaran tipe Jigsaw II berbantuan media puzzle  sebagai alternatif dalam mengatasi kesulitan siswa dalam belajar khususnya pembelajaran IPS, 2) bagi guru yang ingin menerapkan pembelajaran tipe Jigsaw II berbantuan media puzzle pengaturan waktu harus diperhatikan, 3) untuk mengatasi kejenuhan siwa, penerapan pembelajaran tipe Jigsaw II berbantuan media puzzle merupakan alternatif  yang dapat digunakan oleh guru.