DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

students' attitude toward journal writing as additional assignment

Azzahrotul KARIMAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Karimah, Azzahrotul. 2016.Students’ Attitude toward Journal Writing as Additional Assignment. Thesis, English Department, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisor: Prof. Dr. NurMukminatien, M.Pd.

 

Keyword: attitude, journal writing.

This study investigates students’ attitude toward daily journal writing as an additional assignment. Journal writing is an activity in which students write about their feeling, experiences, and ideas regularly outside the class.

This is a descriptive study to find out the students’ attitude toward journal writing. There were 19 respondents majoring in science in 10th grade of high school in this research. This research was conducted in SMA Darul Qur’an Watugede Singosari Malang.

The students were assigned to write journals in 10 weeks (70 days). They had to write one journal each day. Therefore, the total number of journals that they had to write was 70 journals butnot all of the students wrote the daily journals as many as 70 entries.

From 19 participants, 11 students wrote journals and 7 students did not write at all. The highest number of journal entries was 56 written by one student, and the rest wrote under this number. However, the main focus of this study is about the attitude of the students toward daily journal writing; therefore, the total number of the journals that the students’ wrote did not matter.

The result of this research shows that by writing daily journal continuously, the students’ attitude toward writing activity was positively increased from the first average of the students 56 become 67.This percentage was obtained from the students’ questionnaire that they filled after they wrote daily journal.

 In conclusion, writing daily journal can improve the students’ attitude toward writing to become more positive. By expressing their ideas, sharing their experiences or even feelings to their daily journal, the students felt happy. The good impact is the students’ interest toward writing increased after they wrote daily journal. It is suggested that the teacher encourage the students to write journal regularly as classroom assignment to make them express what they feel and share their experiences through writing a daily journal.

 

ABSTRAK

 

Karimah, Azzahrotul. 2016. The Students’ Attitude on Journal Writing as Additional Assignment. Skripsi, Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Nur Mukminatien, M.Pd.

 

Kata kunci: sikap, penulisan jurnal.

Penelitian ini meneliti tentang sikap siswa terhadap penulisan jurnal harian sebagai tugas tambahan. Yang dimaksud dengan jurnal harian pada penelitian ini  adalah sebuah aktivitas penulisan yang dilakukan oleh siswa pada kertas atau pada buku jurnal yang berisi tentang perasaan, pengalaman, ekspresi dan ide-ide para siswa.

Penelitian deskriptif digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui sikap para siswa terhadap penulisan jurnal harian. Ada 19 siswa yang diikut sertakan dalam penelitian ini, mereka adalah siswa SMA kelas X (sepuluh) jurusan IPA. Penelitian ini dilakukan di SMA Darul Qur’an Watugede Singosari Malang.

Para siswa diminta untuk menulis jurnal harian selama 10 (sepuluh) minggu atau 70 hari. Mereka harus menulis satu jurnal setiap hari, jadi jumlah total jurnal yang harus mereka tulis adalah 70 jurnal.  Meskipun, hasil akhir menunjukkan bahwasannya tidak ada satu orang siswa pun yang menulis sebanyak 70 jurnal.

Sebagian siswa menulis jurnal harian dan sebagian lagi tidak menulisnya. Dari 19 siswa, 11 siswa diantaranya menulis jurnal harian sedangkan 7 siswa tidak menulis jurnal sama sekali. Penulisan jurnal terbanyak yang ditulis oleh siswa berjumlah 56 jurnal dan siswa yang lain menulis jurnal harian dengan jumlah dibawah 56 jurnal. Akan tetapi, fokus dari penelitian ini adalah sikap para siswa terhadap penulisan jurnal, jadi  jumlah jurnal yang ditulis oleh siswa tidak dijadikan ukuran dalam hal ini.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menulis jurnal harian selama terus menerus, sikap siswa terhadap aktifitas menulis menjadi lebih positif, yang pada awalnya rata-rata sikap siswa terhadap aktifitas menulis adalah 56 menjadi 67. Hasil persentase ini didapatkan dari kuisioner yang dibagikan kepada siswa dan direspon setelah mereka menulis jurnal harian.

Penulisan jurnal harian dapat memberikan manfaat kepada sikap siswa terhadap aktivitas menulis. Dengan menulis ide-ide, membagi ekspresi dan pengalaman serta menulis perassan mereka pada jurnal harian, mereka merasa senang. Pengaruh positif atau pengaruh baik dari kegiatan penulisan jurnal harian ini adalah ketertarikan siswa terhadap aktivitas menulis naik setelah mereka menulis jurnal harian. Disarankan kepada guru kelas untuk memberikan dorongan kepada para siswa agar menulis jurnal secara rutin sebagai tugas/pekerjaan rumah. Hal ini ditujukan untuk membuat mereka dapat mengekspresikan perasaan serta berbagi pengalaman melalui penulisan jurnal harian.