DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS SAINTIFIK TEMA BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR KELAS V SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SERANG

JUKRI

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil analisis dan wawancara terhadap guru dari beberapa sekolah dasar yang menerapkan Kurikulum 2013, disimpulkan bahwa buku siswa terbitan pemerintah pada muatan matematika tema 1 kelas 5, terdapat beberapa kekurangan yang membutuhkan perbaikkan baik dari sisi bahasa, konten materi, dan pendekatan saintifik. Alasan tersebut mendorong peneliti melakukan pengembangan bahan ajar dengan judul pengembangan bahan ajar matematika berbasis saintifik pada tema benda-benda di lingkungan sekitar sekolah dasar di Kabupaten Serang.

Penelitian pengembangan bahan ajar matematika berbasis saintifik menggunakan model four-D Model dari Thiagarajan (1974). Sesuai dengan namanya four-D, model memiliki langkah-langkah pengembangan yang mencakup mencakup define (definisi), desain (perancangan), develop (pengembangan), dan diseminasi (penyebaran). Hasil validasi materi dan konstruk bahan memperoleh nilai masing-masing 3,0 dengan kriteria cukup valid dengan sedikit revisi. Pemberian headings pada bahan ajar yang dikembangkan memudahkan guru dan siswa dalam menggunakan bahan ajar tersebut. Ini diperkuat dengan respons guru yang menunjukkan prosentase sebesar 83% berada pada koefisien kepraktisan 80%-100%, sehingga bahan ajar dikategorikan praktis/sangat baik. Hasil  posttest uji coba lapangan menunjukkan bahwa  dari 25 siswa yang mencapai ketuntasan belajar ada 21 orang siswa , atau sekitar 84%. Nilai ketuntasan belajar tersebut menunjukkan bahwa pengambangan bahan ajar siswa dikatakan efektif.

Bahan ajar yang dihasilkan adalah bahan ajar matematika berbasis saintifik pada tema benda-benda di lingkungan sekitar yang memiliki kriteria valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan kriteria tersebut maka bahan ajar tersebut dapat digunakan sebagai suplemen dalam pembelajaran matematika pada tema benda-benda di lingkungan sekitar kelas 5. Mudah-mudahan pengembangan bahwa ajar ini dapat bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan dalam mendukung kurikulum 2013. Semoga penelitian-penelitian pengembangan berikutnya dapat menghasilkan karya yang lebih baik.