DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Minat dan Kebiasaan Membaca dengan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Unggulan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo

KURNIA MAULIDI NOVIANTORO

Abstrak


ABSTRAK

 

Noviantoro, K. Maulidi. 2016. Hubungan antara Minat dan Kebiasaan Membaca dengan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Unggulan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Achmad Amirudin, M. Pd. (II) Prof. Dr. Budijanto, M. Sos.

 

Kata kunci: Minat, Kebiasaan Membaca, Hasil Belajar.

Diduga siswa cenderung lebih tertarik membaca buku lain seperti komik, tabloid bola, dan koran daripada membaca tulisan ilmiah yang berkaitan dengan materi pelajaran. Sebagian dari mereka terindikasi selalu membaca buku pelajaran apabila akan ulangan atau ada tugas saja. Hal ini menunjukkan bahwa siswa hanya berorientasi terhadap hasil ujian. Buku teks yang dimiliki siswa sebagian besar kurang dimanfaatkan dan terkesan hanya berfungsi sebagai pendukung untuk mengerjakan tugas rumah, menyiapkan ujian tengah semester dan akhir.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan yang signifikan antara minat dan kebiasaan membaca dengan hasil belajar geografi siswa SMA Unggulan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo    baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang bersifat ex post facto. Adapun populasi penelitian ini yaitu kelas X SMA Unggulan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo tahun ajaran 2015/2016 dan untuk penentuan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur minat dan kebiasaan membaca adalah angket, sedangkan untuk hasil belajarnya didapat dari nilai raport semester ganjil. Setelah semua data terkumpul, dilakukan analisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16 for Windows.

Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa pengujian hipotesis I ada hubungan yang signifikan antara minat membaca dengan hasil belajar siswa SMA Unggulan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo, dimana hasilnya Sig 0,000 ≤ 0,05. Untuk hipotesis II terbukti ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar, dimana hasilnya Sig 0,000 ≤ 0,05 dan pengujian hipotesis ke III secara simultan terbukti ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel bebas dengan hasil belajar Sig 0,000≤ 0,05. Selain itu diketahui bahwa kebiasaan membaca mempunyai hubungan paling dominan dengan hasil belajar, dimana hasilnya 29,1%. Kebiasaan membaca yang baik, niscaya akan mendatangkan hasil belajar yang baik, karena terdapat kesesuaian antara apa yang dilakukan siswa dengan pola tingkah laku dan sikapnya dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu dibangun kegiatan membaca yang rutin pada siswa sehingga mereka dapat  memperoleh pemahaman dan pengetahuan yang lebih luas di samping untuk mencapai hasil maksimal dalam pembelajaran.