DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 1 PRIGI KEBUMEN

IRWAN HIDAYAT

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayat, Irwan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Mind Mapuntuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 1 Prigi Kebumen. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar: (I) Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph.D (II). Prof. Dr. Ruminiati, M.Si.

 

Kata kunci: cooperative script, mind map, berpikir kritis, dan hasil belajar

Pembelajaran IPS pada siswa Kelas V SDN 1 Prigi berdasarkan hasil observasi, menunjukkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Siswa cenderung lebih suka menerima catatan yang diberikan oleh guru dibandingkan mencari sendiri, atau menemukan secara kelompok materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Dalam pelaksaanaan pembelajaran guru hanya sekedar memberi isi kompetensi yang harus diterima siswa tanpa memperhatikan pemahaman siswa. Dari dokumen hasil belajar juga terungkap hasil belajar IPS rendah karena belum memenuhi KKM IPS yaitu ≥ 70. Rendahnya hasil belajar siswa juga diikuti dengan rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Permasalahan ini dapat diatasi dengan model pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa dengan melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam menemukan konsep pembelajaran,  melalui penerapan model pembelajaran cooperative script berbantuan mind map. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperative script berbantuan mind map untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPS kelas V SDN 1 Prigi Kebumen.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Proses PTK dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilakukan sebanyak tiga pertemuan. Penelitian dilakukan di SDN 1 Prigi Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, dengan subyek penelitian 13 siswa kelas V tahun pelajaran 2015-2016. Pengumpulan data diperoleh dari, observasi pembelajaran, tes keterampilan berpikir kritis, tes hasil belajar kognitif, lembar penilaian afektif, dan catatan lapangan.

Hasil penelitian penerapan model pembelajaran cooperative script berbantuan mind map menunjukkan persentase keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus I mencapai 64,29%(8 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 84,61% (11 siswa). Persentase hasil belajar siswa pada siklus I pada ranah afektif mencapai 76,92% (10 siswa), kognitif 69,23% (9 siswa)dan pada siklus II meningkat pada ranah afektif  menjadi 92,30% (12 siswa), kognitif 86,41% (11 siswa). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa terjadi karena penerapan model pembelajaran cooperative script berbantuan mind map.

Untuk melaksanakan pembelajaran cooperative script berbantuan mind map guru harus dapat memancing partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran terutama saat menyampaiakan pendapat. Hal ini karena sering dijumpai siswa ragu ragu dalam mengungkapkan gagasan yang dimilikinya.