DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN TANGKIL 01 WLINGI

SARI DEWI

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Sari. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd. (II) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd.

 

Kata-kata Kunci: PBL, hasil belajar IPS

PBL mulai diterapkan pada sekolah kesehatan oleh Howard Barrows di McMaster University School of Medicine, Kanada pada tahun 1969. PBL merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar dan bekerja sama dalam kelompok untuk memecahkan masalah. Karakteristik model PBL meliputi: berbasis masalah, memecahkan masalah, pembelajaran berpusat pada siswa, pembelajaran mandiri, dan refleksi. Dugaan sementara yang dapat dibangun berdasarkan kajian teori dan penelitian terdahulu bahwa model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Wlingi 01 pada materi masalah-masalah sosial. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan bentuk rancangan nonequivalent control group. Subjek diambil dari kelas yang memiliki kemampuan akademik relatif sama (setara) berdasarkan nilai rata-rata IPS pada ujian akhir semester ganjil tahun 2015/2016. Analisis data menggunakan teknik independent sample t-test dengan program SPSS 16.0 for Windows pada taraf signifikansi 5%. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Wlingi 01  pada materi masalah-masalah sosial. Penyebab model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diduga karena: (1) pembelajaran berbasis masalah; (2) masalah yang dihadirkan dalam PBL bersifat autentik; dan (3) model pembelajaran berpusat pada siswa.

Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini, disarankan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning karena, terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Bagi penelitian selanjutnya, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning diintegrasikan dengan model Think Pair and Share karena dapat meminimalisir kelemahan dalam penelitian ini, yaitu pada saat presentasi.

 

ABSTRACT

 

Dewi, Sari. 2016. The Effect of Problem Based Learning Model on the Social Sciences Learning Outcomes in Elementary School. Thesis, Study Program of Basic Education, Postgraduate State University of Malang. Supervisors: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (II) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd.  

 

Keywords: PBL, Social Sciences learning outcomes

PBL starts to be implemented in the medical school by Howard Barrows in McMaster University School of Medicine, Canada in 1969. PBL is learning model that use real problem as a context for student to learn and work together in a group to solve the problem. Characteristic of PBL model includes: based on problem, solving problem, learning with student centered, self-directed learning, and reflection. Temporary notion (hypothesis) that can be built based on study and previous research stated that PBL model can be effect to the social sciences (IPS) learning outcomes for student in elementary school.

This research aimed to know the effect of PBL model to the social sciences (IPS) learning outcomes for student in the 4th Grade of State Elementary School 01 Wlingi to the material of social issues. Research design that used is quasi experiment with non-equivalent control group. Subject taken from class that has same academic ability relatively based social sciences (IPS) average value in the final examination of odd semester in the academic year of 2015/2016. Data analysis in this research uses independent sample t-test technique with SPSS 16.0 for Windows program in the significance level of 5%. Research outcomes shows that learning model of PBL effect to the social sciences (IPS) learning outcomes for student in the 4th Grade of State Elementary School 01 Wlingi to the material of social issues. The PBL model effect students learning outcomes due to the following reasons: (1) based on the problem; (2) problems presented in PBL model are authentic in character; and (3) student centered.

Based on the conclusions from these outcomes, it is advisable for teachers to implement learning model Problem Based Learning because , proven effect on student learning outcomes . For further research , learning model application integrated with Problem Based Learning model Think Pair and Share because it can minimize weaknesses in this study , namely at the time of presentation.