DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Blended Berbasis Web Platform Opensource pada Matakuliah Komputer Pembelajaran S-1 Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. (Tesis)

Henry Praherdhiono

Abstrak


Mahasiswa secara berkelanjutan membutuhkan pemahaman dan pengalaman agar bisa memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai media pembelajaran secara optimal dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman dan menyadari implikasinya bagi pribadi maupun masyarakat.

Pengembangan media pembelajaran berbasis web platform opensource pada matakuliah komputer pembelajaran S-1 jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang menerapkan prinsip (1) didasarkan pada pemecahan masalah dan kebutuhan yang sesuai dengan karakteristik sumber belajar, konten pembelajaran, strategi pembelajaran dan metode pembelajaran yang diterapkan untuk melayani mahasiswa, (2) penggunaan perangkat lunak sistem operasi server dan web yang digunakan dalam pengembangan, merupakan aplikasi platform opensource yang distandarisasi untuk kepentingan pembelajaran pada Jurusan Teknologi Pendidikan Univesitas Negeri Malang dan (3) Pembelajaran model blended menjembatani prilaku dan budaya penggunaan pembelajaran berbasis web berupa prilaku individulistis sehingga terintegrasi dengan pembelajaran berbasis tatap muka berupa prilaku kolaboratif pada Jurusan Teknologi Pendidikan S-1 Univesitas Negeri Malang.

Matakuliah yang dijadikan model adalah komputer pembelajaran atau Pembelajaran Berbasis Komputer. Pengembangan pembelajaran blended berbasis web platform opensource pada matakuliah komputer pembelajaran s-1 jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang menghasilkan beberapa spesifikasi produk yaitu, (1) Model Web Pembelajaran matakuliah Komputer Pembelajaran, (2)Material Objek Pembelajaran Komputer Pembelajaran, (3) Panduan Standar Operasional Administrator, (4) Panduan Standar Operasional Dosen Pengampu dan (5) Panduan Standar Operasional Mahasiswa.

Prosedur pengembangan pembelajaran blended berbasis web melalui beberapa tahap yaitu : (1) Analisis; (2) Rencana Evaluasi (3) Fase serentak yang meliputi desain, pengembangan sistim, ujicoba dan Implementasi dan evaluasi Formatif. Fase ini dapat dilakukan bekali-kali hingga batas waktu yang tidak ditentukan; (4) Implementasi Menyeluruh dan (5) Kajian Implementasi.

Berdasarkan hasil implementasi secara menyeluruh produk pembelajaran melalui penerapan atau implementasi model blended dengan melalui web dapat memberikan keuntungan-keutungan: (1) variasi media, secara umum mahasiswa menggunakan  media pembelajaran yang beragam; (2) informasi baru, selain menyediakan informasi melalui lingkup server lokal, adalah bahan ajar dapat diperkaya melalui kegiatan akses internet yang terintegrasi; (3) pengembangan navigasi teknologi level user. Pada setiap tingkatan level akan memperoleh hak akses yang berbeda dan (4) sistem dapat memfasilitasi komunikasi dan interaksi antara mahasiswa dengan dosen/nara sumber, meningkatkan kolaborasi antar mahasiswa untuk membentuk komunitas belajar. (5) perlu adanya evaluasi beberapa aspek sebelum diterapkan pada matakuliah kain. Berdasarkan tinjauan ahli disimpulkan (1) Produk Pengembangan Pembelajaran Model Blended sebaiknya diuji cobakan juga untuk matakuliah yang lain. (2) Produk pengembangan pembelajaran blended berbasis web memiliki keefektifan, efisiensi dan kemenarikan.


Teks Penuh: DOC PDF