DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN 1 GONDANG PURWANTORO WONOGIRI

SRI WASITO

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasar observasi awal siswa kelas V SDN 1 Gondang Purwantoro Kabupaten Wonogiri, menunjukkan rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran. Siswa pasif dalam tanya jawab dan kerja kelompok. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru sebagai pusat  pembelajaran. Dari dokumen hasil belajar juga terungkap hasil belajar IPS rendah karena belum memenuhi KKM IPS yaitu ≥ 70. Rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan ini dapat diatasi dengan model pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk belajar bersama  melalui penerapan model kooperatif tipe TGT dengan crossword puzzle. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe TGT dengan crossword puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN 1 Gondang Purwantoro Kabupaten Wonogiri

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Proses PTK dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilakukan sebanyak tiga pertemuan. Penelitian dilakukan di SDN 1 Gondang Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, dengan subyek penelitian 32 siswa kelas V tahun pelajaran 2015-2016. Pengumpulan data diperoleh dari rekap praktik pembelajaran, observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TGT dengan crossword puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 1 Godang Purwantoro Kabupaten Wonogiri. Siklus I aktivitas siswa aktif hanya 65, 62 % dan pada siklus II meningkat mencapai 84,38 %. Hasil belajar siswa pada siklus I 68,75 % dan pada siklus II meningkat menjadi 81, 25 % tuntas belajar. Berdasar hasil penelitian ini, dapat disimpulkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa terjadi karena penerapan model kooperatif tipe TGT dengan crossword puzzle.

Penerapan model kooperatif tipe Time Game Tournament dengan Crosworod Puzzle dilaksanakan dengan sintaks pembelajaran presentasi kelas, guru mempersiapkan siswa  terhadap topik pembelajaran dengan media benda nyata, gambar, power point, dan video pembelajaran. Tim dengan mempelajari materi melalui tugas tim, bermain kartu soal sebagai bahan tanya jawab, dan praktik membuat TTS dengan esclipse crossword . Game dengan permainan TTS di meja turnamen. Turnamen dengan mengerjakan TTS dengan lawan antar kelompok. Rekognisi tim dengan pemberian buku tulis dan foto dimuat dalam buletin sekolah.