DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran dan Tingkat Kemampuan Perseptual Motorik Siswa Terhadap Hasil Belajar Keterampilan. (Disertasi)

Johanis Julius Leimena

Abstrak


Selama ini model pembelajaran untuk pendidikan jasmani lebih lebih diarahkan kepada model tugas gerak dalam bentuk teknik gerakan yang standart atau baku. Model ini menngakibatkan anak pada tingkat sekolah dasar  menjauhi kegiatan pendidikan jasmani karena tidak sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan jasmani anak. Model ini dinamakan model pembelajaran tradisional, dimana guru yang lebih banyak berperan dalam kegiatan pendidikan jasmani. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dalam model pembelajaran pendidikan jasmani yang teknik geraknya telah dimodifikasikan sesuai dengan kebutuhan anak. Model ini dirancang untuk mempermudah anak menguasai teknik gerakan mulai dari tingkat penguasaan gerak yang sederhana sampai pada tingkat penguasaan gerak yang kompleks.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh utama dan pengaruh interaksi variabel perlakuan (model pembelajaran)  terhadap prestasi belajar keterampilan teknik dasar permainan bola voli siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan mempergunakan rancangan versi nonequivalenat control group design. Sampel penelitian sebanyak 80 anak pada sekolah dasar di kecamatan Saparua, Maluku Tengah. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis varian (anava) dua jalur 2 x 2.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) tidak ada perbedaan hasil belajar keterampilan teknik dasar permainan bola voli antara kelompok siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran modifikasi, dan kelompok siswa yang diajarkan dengan  model pembelajaran tradisional, (2) tidak ada perbedaan hasil belajar keterampilan teknik dasar permainan bola voli antara siswa yang memiliki tingkat kemampuan perseptual motorik tinggi dan kelompok siswa dedngan tingkat kemampuan perseptual motorik rendah, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemampuan perseptual motorik siswa terhadap hasil belajar keterampilan teknik dasar permainan bola voli siswa sekolah dasar.  

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada para guru pendidikan jasmani di sekolah untuk menggunakan model pembelajaran modifikasi  dimana model ini menawarkan pentahapan tugas gerak sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak  sehingga anak akan lebih mudah memahami teknik gerakan dan menguasai tekni gerakan dasar tersebut dengan baik.


Teks Penuh: DOC PDF