DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia pada Pembelajaran Tematik Air, Bumi, dan Matahari untuk Siswa Kelas IIA SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang

UNGA UTAMI

Abstrak


ABSTRAK

 

Unga Utami, 2015. Pengembangan Multimedia pada Pembelajaran Tematik Air, Bumi, dan Matahari untuk Siswa Kelas IIA SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikann Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr Sa’dun Akbar, M.Pd dan Pembimbig (II) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Multimedia Presentasi, LKS Elektronik, Pembelajaran Tematik

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan menciptakan dampak pada pembelajaran yang berbasis teknologi seperti komputer/laptop dan LCD proyetor. Hal tersebut tentunya harus dimanfaatkan oleh praktisi pendidikan. Studi pendahuluan di SD BSS Kota Malang memiliki fasilitas teknologi seperti komputer/laptop, speaker kelas, dan ruang komputer, namun fasilitas tersebut belum dimanfaatakan secara optimal. Hasil observasi, wawancara, dan analisis kebutuhan ditemukan bahwa: (1) pembelajaran masih bersifat umum, belum interaktif dan multiarah, (2) guru belum pernah mengembangkan dan menggunakan multimedia dalam pembelajaran terkhususnya dalam pembelajaran tematik, (3) siswa merasa jenuh dan kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang teradapat pada buku siswa, dan (4) siswa lebih tertarik dan senang belajar dengan menggunakan komputer/laptop. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dicarikan solusi pemecahan masalah yaitu dengan mengembangkan sebuah produk penunjang pembelajaran berupa multimedia presentasi dan LKS elektronik dalam pembelajaran tematik yang valid, praktis, menarik, dan efektif.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk multimedia presentasi dan LKS elektronik yang valid, praktis, menarik, dan efektif. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ASSURE yaitu (1) analisis karakteristik siswa, (2) menentukan tujuan pembelajaran, (3) memilih strategi, teknologi, media dan materi, (4) menggunakan strategi, teknologi, media, dan materi, (5) memerlukan partisipasi siswa, dan (6) menilai dan merevisi.

Hasil penelitian dan pengembangan multimedia presentasi dan LKS elektronik dalam pembelajaran tematik menunjukkan bahwa produk ini valid, praktis, dan menarik. Berdasarkan uji t berpasangan, multimedia presentasi dan LKS elektronik tema air, bumi, dan matahari efektif digunakan dalam pembelajaran karena terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan produk multimedia tersebut. Produk multimedia presetasi dan LKS elektronik perlu di kembangkan lagi, baik dari segi materi maupun programnya agar dapat digunakan pada skala yang lebih luas di Sekolah Dasar yang menerapkan pembelajaran tematik.

 

ABSTRACT

 

Unga Utami, 2015. Development of Multimedia and Electronic Worksheet on Thematic Learning Water, Earth and the Sun to Second Graders of Elementary Brawijaya Smart School (BSS) in Malang. Thesis. Elementary Education Study Program. Graduate Program, State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Sa'dun Akbar, M Ed and (II) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Multimedia Presentation, Electronic worksheet, Thematic Learning.

The development of information and communication technology in education creates an impact on both the learning-based technology or aided with electronics such as computer/laptop and LCD. It certainly should be utilized by educational practitioners. Based on preliminary study conducted in Elementary Brawijaya Smart School (BSS) in Malang, the school has already facilitated with computer/laptop and speaker for each classroom, and also a computer lab, however the facility has not been utilized optimally. The observation, interviews, and needs analysis shown that: (1) learning process is still too general, not interactive and multidirectional yet, (2) the teacher has not been developing and using multimedia in learning especially in thematic learning, (3) students feel bored and difficult in understanding the materials on students' books, and (4) students more interested and excited to learn by using a computer/laptop. Based on these problems, it is needed to find solutions by developing a supplementary learning materials in the form of multimedia presentations and electronic worksheets for thematic learning which are valid, practical, attractive, and effective.

The purpose of this study was to produce a multimedia presentation and a valid electronic worksheets that practical, attractive, and effective. The model of development  used in this study is the ASSURE model with the following stages: (1) analyzing the students' characteristics, (2) determining the learning objectives,   (3) selecting a strategy, technology, media and materials, (4) using strategy, technology, media, and materials, (5) requiring the students participation, and (6) assessing and revising.

Results of the development of multimedia presentation and electronic worksheets in thematic learning indicates that this product is valid, practice, and interesting. Based on the paired t test, multimedia presentations and thematic electronic worksheets on water, earth, and the sun is effectively used in learning because there are significant differences in student learning outcomes before and after using the multimedia product. Multimedia presentation and electronic worksheets need to be developed further, both in terms of material and the program to be used on a larger scale in elementary schools that implement the thematic learning.