DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Teknik-Teknik Pengubahan Perilaku Dalam Penerapan Pemikiran Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah Untuk Pengentasan Pelaku Seks Bebas dan Homoseks (Kajian Analisis Hermeneutika Bersusun)

ASWAR

Abstrak


ABSTRAK

 

Aswar. 2016. Identifikasi Teknik-Teknik Pengubahan Perilaku Dalam Penerapan Pemikiran Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah Untuk Pengentasan Pelaku Seks Bebas dan Homoseks. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Andi Mappiare-AT, M.Pd., (II) Dr. H. M. Ramli, MA.

 

Kata-kunci: Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah, teknik-teknik pengubahan perilaku, seks bebas dan homoseks.

Perilaku seks bebas dan homoseks di kalangan pelajarmenunjukkan keprihatinan. Nada-nadanya menyuratkan konstribusi riil bimbingan dan konseling dalam upaya pencegahan dan pengentasan perilaku malasuai tersebut. Adapun melalui pengkajian teks pemikiran Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah diyakini dapat memberikan sajian solutif atasnya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif-ekploratif, dengan strategi analisis hermeneutika bersusun. Data teks dalam penelitian ini adalah:1) teks pemikiran Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah melalui sejumlah kitab karangannya; 2) data lapangan diperoleh dari subjek terteliti lapangan yaitu ustadz/roqy/praktisi melalui interviu; dan 3) data observasi melalui pengamatan situasi Ma’had ‘Aly al-Aimmah Malang, dan situasi prosesi ruqyahsyar’iyyah tim RSC-M. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan dengan  triangulasi, validasi intersubjektivitas, dan peer review.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) memperoleh sejumlah keterangan deskriptif-ekploratif terkait sasaran intervensi pengubahan perilaku seks bebas dan homoseks berdasarkan teks pemikiran Ibnu Qoyyim al-Jauziyah; 2) memperoleh sejumlah keterangan deskriptif-eksploratif terkait analisis dan diagnosis masalah pelaku seks bebas dan homoseks berdasarkan teks pemikiran Ibnu Qoyyim al-Jauziyah; 3) memperoleh sejumlah pemahaman deskriptif-ekploratif pada tiap bentuk perlakuan yang dapat dijadikan sebagai teknik pengubahan perilaku seks bebas dan homoseks berdasarkan teks pemikiran Ibnu Qoyyim al-Jauziyah.

Dalam penelitian ini ditemukan bahwa: 1) sasaran intervensi pengubahan perilaku berfokus di pikiran/keyakinan; 2) analisis dan diagnosis masalah pelaku seks bebas dan homoseks berkutat pada pikiran/keyakinan tidak sehat dan perbuatan/kebiasaan tidak sehat. Adapun 3) teknik-teknik pengubahan perilakuuntuk pengentasan perilaku seks bebas dan homoseks yaitu: a) teknik intervensi pikiran; b) teknik mengatasigangguan syahwat; c) teknik mengatasi homoseks; dan d) praktik ibadah sebagai teknik pengubahan perilaku.

Implikasi dari penelitian ini adalah dapat dimanfaatkan oleh segenap profesiyang bersifat helping profession seperti konselor, Guru, dan psikolog sebagai kerangka konseptual untuk intervensi pengubahan perilaku malasuai. Adapun saran-saran dan pengharapan penelitian selanjutnya yaitu: 1) hasil penelitian ini seyogianya diterapkan di lingkungan pendidikan dan sosial-masyarakat; 2) ditindak lanjuti dengan penelitian action research; dan 3) peneliti berharap ada upaya penelitian selanjutnya yang berbasis kajian pemikiran ulama klasik yang dapat diserap ke dalam bimbingan dan konseling.